Yerusalem, Kota Suci Tiga Agama itu ada di Palestina Bumi Para Nabi

Yerusalem
Yerusalem

Gonjreng.com. Di Palestina Bumi Para Nabi terdapat banyak tempat suci, salah satunya adalah Yerusalem yang merupakan kota suci bagi 3 agama yaitu Islam, Kristen dan Yahudi sehingga Yerusalem pun dikenal dengan “Kota Tiga Agama”.

Di tengah kemelut politik yang tak jarang diikuti pertumpahan darah, Palestina ternyata merupakan salah satu destinasi yang sangat menarik untuk dikunjungi peziarah religi.

Kota-kota lain yang selalu dikunjungi oleh para peziarah adalah Jericho, Hebron, Betlehem dan Tiberias. Sebagian besar kota-kota tersebut terletak di distrik Tepi Barat. Untuk berziarah ke Palestina Bumi Para Nabi para peziarah memulai perjalanan dari Amman, Jordania melalui jalan darat melewati perbatasan Jordania-Israel terdekat, yaitu King Hussein Bridge Border – Allenby Bridge.  Tak sampai 30 menit dari perbatasan peziarah akan melewati kota Jericho, salah satu kota tertua di dunia. Setelah 30 menit berkendaraan dari Jericho tibalah di Yerusalem.

Kota Yerusalem lama terletak di dalam kota Yerusalem modern yang dikelilingi oleh tembok batu tinggi dan memiliki 7 gerbang sebagai akses keluar masuk. Bagi peziarah muslim, Masjidil Aqsa tujuan utama ziarah. Golden Gate adalah gerbang terdekat untuk mencapai komplek Masjidil Aqsa.

Setelah menyusuri jalan utama maka peziarah berbelok ke kiri dan akan menemukan satu-satunya pintu masuk ke komplek Masjidil Aqsa yang dijaga oleh tentara Israel. Pintu ini akan ditutup setelah shalat isya dan dibuka kembali menjelang shalat subuh. Di dalam komplek yang dikelilingi oleh tembok tinggi ini terdapat Mesjid Al Aqsa dan juga Dome of the Rock dengan kubah emasnya.

Memasuki komplek Aqsa, peziarah akan disambut deretan pohon zaitun di kanan kiri jalan yang berakhir menjelang naik anak tangga. Setelah menaiki anak tangga dan melewati gapura dari batu kapur dengan pilar berukir membentuk lengkungan di bagian atasnya, peziarah akhirnya tiba di pelataran Dome of The Rock. Bangunan dengan mozaik yang indah dengan kubahnya yang berwarna kuning emas. Melewati pelataran dan berbelok ke kanan peziarah akan menuruni tangga melewati gapura yang berbentuk sama dengan gapura pertama dan akhirnya tibalah di pelataran Mesjid Al Aqsa. Kehijauan rumput dan jajaran pohon zaitun menghias kebun di komplek ini.

Komplek Aqsa

Komplek Aqsa

Diluar komplek Aqsa, menempel pada dinding Mesjid Al Aqsa merupakan Dinding Ratapan tempat suci umat Yahudi yang digunakan untuk berdoa dengan membaca kitab Taurat di hari Sabtu.

Makam Nabi Daud tempat suci umat Yahudi lainnya yang selalu digunakan untuk berdoa. Gerbang terdekat untuk menuju tempat suci ini adalah Zion Gate. Tempat suci umat Kristen yang terkenal adalah Gereja Sepulchre yang berdampingan dengan Mesjid Umar yang dapat dicapai para peziarah melalui gerbang terdekat, yaitu Zion Gate.

Berziarah ke Yerusalem selain mengesankan, juga suatu perjalanan ritual yang sangat lengkap.

*Sumber gambar : koleksi pribadi.

Category: KelanaTags:
No Response

Leave a reply "Yerusalem, Kota Suci Tiga Agama itu ada di Palestina Bumi Para Nabi"