Tinggalkan Indonesia, Seruan Kedubes AS

Gonjreng.com – Tinggalkan Indonesia!

Seruan atau permintaan ini apakah terdengar cukup menyakitkan? Siapa yang menyerukan? Siapa yang mengatakan tinggalkan Indonesia tadi?

Apa alasannya? Mengapa diminta untuk tinggalkan Indonesia?

Kedutaan Besar Amerika Serikat (Kedubes AS) di Jakarta meminta kepada seluruh warganya agar segera tinggalkan Indonesia. Semua ini gara-gara virus corona (Covid-19) yang sedang menyerang Indonesia.

Per 29 Maret 2020 pukul 15.44 WIB tercatat sebanyak 1285 korban, di antaranya 114 orang meninggal dunia, dan 64 orang dinyatakan sembuh, berdasarkan DATA COVID-19 di Indonesia yang ditayangkan di Kompas.com.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun sudah mengumumkan perpanjangan status tanggap darurat hingga 19 April 2020.

Sila baca juga: Anies Sedang Menggodok Karantina Wilayah.

Apakah sama artinya antara karantina wilayah dan lockdown?

Sebuah akun Twitter bernama Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengatakan karantina wilayah dan lockdown sama saja.

sumber gambar: akun Twitter Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Hal ini dijadikan rujukan mantan Sekretaris Kementerian BUMN Muhammad Said Didu untuk “menskakmat” politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean dengan mengatakan “Anda yg menyesatkan publik. Lihat tuh pengertian lockdown di @BadanBahasa lockdown= karantina wilayah. Dalam penerapannya ada 4 tingkatan. Belajar lagi ya“.

sumber gambar: akun Twitter Muhammad said Didu.

Departemen Luar Negeri AS pada 25 Maret 2020 lalu memerintahkan kepada anggota keluarga di bawah usia 21 dari karyawan Kedubes AS di Jakarta, Misi AS untuk ASEAN, Konjen AS di Surabaya dan Medan untuk segera pulang dan tinggalkan Indonesia terkait perkembangan Covid-19.

Kini Kedubes AS menyerukan dan meminta warganya untuk tinggalkan Indonesia.

“Di bawah kebijakan kesehatan Global Level 4, Warga Negara AS yang saat ini di Indonesia harus segera mengatur perjalanan untuk kembali ke Amerika Serikat, meskipun mereka sedang mempersiapkan tetap berada di luar negeri untuk penambahan masa tinggal,” demikian rilis Kedubes AS (cnnindonesia.com).

Timbul pertanyaan. 

Bukankah saat ini Amerika Serikat adalah negara terparah yang diserang virus corona (Covid-19) dengan jumlah korbannya sudah melebihi Cina dan Italia? Mengapa pulang? Nanti malah kena. 

Setiap negara memiliki kebijakan masing-masing. Tidak perlu sedih, apalagi sampai menyakitkan mendengar seruan tinggalkan Indonesia dari Kedubes AS tadi.

Biasa saja.

***

Sumber gambar: today.line.me

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *