Tarian Khas Dayak Kalimantan yang Memikat

0 3035
Dayak
Dayak

Gonjreng.com – Indonesia yang tercinta dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika penuh dengan keanekaragaman. Masyarakat majemuk yang multikultural membuat Indonesia terkenal dengan budayanya yang khas. Setiap daerah memiliki ciri masing-masing yang tentu saja sangat memikat. Kesenian penuh pesona mengalir dalam setiap tarian adat di negeri ini. Salah satunya adalah tarian khas Dayak dari Kalimantan yang membuktikan bahwa Indonesia penuh dengan seni yang menggugah sanubari kita.

Sebagai salah satu kekayaan budaya, tarian ini lebih dari sekadar milik ranah Borneo saja, melainkan warisan budaya milik bangsa Indonesia yang harus terus dilestarikan dari masa ke masa.

Dayak sendiri adalah sebutan untuk suku asli di Pulau Kalimantan. Suku ini masih dibagi lagi menjadi sub-sub suku yang sangat banyak dan menyebar di seluruh daerah. Setiap sub suku memiliki adat istiadat dan budaya masing-masing pula. Tak heran banyak sekali tarian khas dayak yang berkembang di Kalimantan. Gerakan eksotis yang memukau sangat terlihat dalam penampilan tariannya. Diiringi alat musik yang khas, para penari mempertunjukkan sebuah harmoni yang serasi dan penuh makna.

Beberapa tarian yang sering ditampilkan di depan umum, antara lain:

– Tari Gantar, yang menunjukkan prosesi menanam padi. Tarian ini biasanya menjadi sajian untuk penyambutan tamu dalam suatu acara.

– Tari Kancet Lasan, adalah tarian tunggal wanita yang berperan sebagi Burung Enggang dalam berlaku sehari-hari. Burung ini adalah pertanda keagungan dan kepahlawanan bagi Suku Dayak, khususnya Dayak Kenyah.

– Tari Hudoq, tarian dalam upacara keagamaan untuk mendapatkan kekuatan dalam mengatasi masalah pertanian agar mendapat hasil panen yang baik. Tari ini hidup dalam masyarakat Suku Dayak Modang dan Bahau.

– Tari Leleng, menampilkan cerita gadis bernama Utan Along yang dipaksa kawin oleh orangtuanya dengan pemuda yang tidak ia cintai. Tarian suku Dayak Kenyah ini ditarikan dengan lagu Leleng.

Masih banyak lagi jenis tarian suku Dayak yang berasal dari Pulau Kalimantan ini yang menegaskan bangsa Indonesia memiliki kekayaan budaya yang tinggi. Berbagai macam budaya dan adat istiadat yang berbeda ini menjadi tanggung jawab bersama untuk melestarikannya dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan semboyannya Bhinneka Tunggal Ika (meski berbeda, tapi tetap satu jua).

*Uuk. Sumber gambar: wikipedia.

Category: PelangiTags:
No Response

Leave a reply "Tarian Khas Dayak Kalimantan yang Memikat"