Tango in Paradise di Pulau Dewata, Bali

Gonjreng.com – Argentina adalah negara asal tarian ini, Tango, namun ternyata di Indonesia tarian ini banyak memiliki penyuka juga, terutama di kalangan yang mempunyai uang berlebih atau kalangan atas.

Saat ini mempunyai banyak komunitas di beberapa kota besar di Indonesia seperti, Jakarta, Surabaya, dan Denpasar. Salah satu perkumpulan penyinta tarian ini yang terkenal adalah Tango Lovers Jakarta yang diketuai oleh Ratih Soe Kosasie.

Tango berasal dari kata “tangere” yang mempunyai arti menyentuh. Kata ini menurut sejarahnya mulai digunakan pada tahun 1890-an.

Berawal dari kebiasaan, kepercayaan, dan bagian dari upacara masyarakat kelas bawah, para budak Afrika – penduduk asli Rio de La Plata serta para imigran Eropa di wilayah tersebut mengubahnya menjadi identitas budaya yang khas.

Tarian ini biasanya ditarikan oleh sepasang kekasih, sehingga setiap gerakan memberikan kesan romantis dan saling percaya.

Sang penari pria menuntun dan penari wanita memasrahkan diri dalam tuntunan penari pria. Gerakan tarian yang begitu elegan, teratur, cantik dan dinamis mampu meningkatkan romantisme dan kegairahan setiap pasangan penari. Rasa ini pun menyebar ke seluruh penonton yang menyaksikannya.

Ternyata tarian ini tidak hanya dapat membuat suasana hati lebih bersemangat, namun gerakan dalam tariannya juga mampu menyehatkan dan menyeimbangkan tubuh.

Bahkan, berdasarkan penelitian yang dilakukan para ilmuwan dari Universitas Washington bisa membantu meningkatkan keseimbangan dan aktifitas para penderita Parkinson.

Tango in Paradise sendiri adalah ajang tempat belajar, berkumpul, bertemu, dan saling berbagi pengalaman, kepandaian, dan unjuk kemampuan di lantai dansa, di Bali.

Namun bukan sekadar ajang kumpul para Maestro/Maestras dari berbagai negara, juga bertujuan memperkenalkan budaya Indonesia kepada dunia melalui busana yang dikenakan yaitu kebaya dan kain tradisional Indonesia seperti songket Bali, tenun Sumba, songket Palembang, kain Endek Bali, tenun Rangrang Nusa Penida,dan batik.

Acara yang diadakan setahun sekali ini di prakarsai oleh Tango Lovers Jakarta, yang didukung oleh Kedutaan Besar Argentina dan Tattler Indonesia ini – selalu memiliki tema berbeda setiap tahunnya.

Acara ini memadu-padankan kebudayaan Indonesia dan Argentina, namun warna budaya yang kental di Tango in Paradise adalah Bali – tempat diselenggarakannya. Untuk tahun ini akan diadakan pada tanggal 24 – 27 November 2016 di Bali dengan tema Batik.

Jika Anda menyenangi atau penasaran dengan tarian ini, silakan datang dan saksikan sendiri keindahan, kedinamisan dan kegairahan tarian ini. Selain itu, Anda juga bisa melihat peragaan busana Tango yang luar biasa memukau.

Berminat belajar Tango? Silakan hubungi Tango Lovers Jakarta atau Rumah Alexandra di nomer telepon 021-71792629.

* Witdyaningsih Pudjanarko. Sumber foto: wikimedia.org.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *