Sendiri itu Anugerah, Bikin Hidup Berkualitas!

0 390
Sendiri
Sendiri

Gonjreng.com – Bagi banyak orang, kesendiran itu menakutkan. Namun bagi sebagian orang lain, kesendirian adalah anugerah. Anugerah? Begitulah untuk Talita. Perempuan enerjik yang berkarir cemerlang di sebuah bank asing ini, memilih hidup sendiri setelah pernikahannya kandas.

“Takut? Enggaklah. Gue punya seribu kegiatan yang bikin hidup berkualitas. Hidup gue lebih bahagia dan lebih bagus saat sendiri dibanding saat punya pasangan, tapi tidak cocok,” ungkap Talita ketika saya tanya apakah ia takut dengan kesendiriannya.

Selanjutnya, ia membeberkan rahasia dan anugerah hidup sendiri yang berkualitas:

Menulis dan Membaca

Menulis apa pun alam pikiran, adalah terapi menenangkan. Ini tak hanya melatih imajinasi, namun juga membahagiakan. “Tulislah segala kesenangan, dan kemarahan. Luapkan semua dalam tulisan,” papar Talita. “Kemudian pilih bacaan yang sesuai dengan minat. Bisa buku klasik, sci-fi, horor, silat, filsafat, atau bahkan drama percintaan.”

Bernyanyi dan Menikmati Musik

Musik adalah anugerah besar untuk manusia yang membuat hidup lebih gembira. Bernyanyi yang baik adalah dengan sepenuh hati, tak peduli suara sumbang. ”Gue sering nyanyi lagu yang nge-beat jika pas happy, tapi kalau perasaan sedang melankolis gue milih lagu yang lembut.”

Rajin Belajar Hal Baru

Belajar – baik secara formal atau otodidak – secara positif menghilangkan mood negatif dan meningkatkan kualitas hidup. Talita yang menyukai film-film Korea, saat ini belajar Bahasa Korea dengan rajin.

Berpartisipasi dalam Kegiatan Sosial

Secara ilmiah, bersosialisasi terbukti mampu meningkatkan kesehatan dan umur panjang. Pilihlah berbagai kegiatan sosial mulai dari kegiatan alumni sekolah, keagaamaan, atau acara kelompok yang sesuai dengan kesenangan kita. Talita menjelaskan, “Gue beli roti, kue, permen, boneka, buku mewarnai, tas sekolah, kaos kaki, seragam sekolah – lalu gue kirim ke panti asuhan anak.”

Berlibur

Berlibur kini bukanlah hak lagi, namun merupakan kewajiban. “Wajib hukumnya bagi gue untuk liburan 3 bulan sekali, Say. Tubuh dan jiwa perlu rileks. Toh liburan bisa murah atau mahal, tergantung pilihan. Minggu lalu gue tiduran di rerumputan Monas sambil bawa mie juhi dan buku bacaan,” gelak Talita begitu renyah, seraya membentangkan kedua tangannya menunjukkan kegembiraannya.

Olah Raga

Tip Talita untuk menjaga kebugaran adalah, “Lari, sepeda, berenang, jalan kaki bareng anjing gue, atau bareng teman-teman komunitas yang cocok.”

Sediakan Waktu Merenung dan Berpikir

“Ini membuat hidup balance. Gue punya waktu untuk merenung dan memperbaiki kesalahan diri, agar tak terulang,” bisik Talita pelan.

Bergabung dengan Komunitas On-line

Salah satu tip Talita, “Walau nampaknya sendiri, namun setiap malam gue terbahak-bahak karena group chat. Pilihlah komunitas yang menyenangkan dan positif untukmu. Jika negatif, tinggalkan saja, Vi.”

Terima kasih, Talita. Selamat menikmati anugerah hidup berkualitas!

* Evi Puspa. Sumber foto: pixabay.com.

Category: HakikatTags:
No Response

Leave a reply "Sendiri itu Anugerah, Bikin Hidup Berkualitas!"