SBY Mulai Aktif Lagi Berpolitik, Jokowi Bisa Kelabakan?

SBY mulai aktif lagi

Gonjreng.com –  SBY mulai aktif lagi berpolitik. Selama ini ia jarang berkomunikasi dengan kader-kader Partai Demokrat di daerah, namun hal ini bisa dimaklumi karena SBY sedang sibuk mengurus dan merawat sang istri, Ani Yudhoyono.

Ani Yudhoyono yang bergelut melawan penyakit kanker darah akhirnya wafat di Singapura pada 1 Juni 2019 lalu.

Anjloknya perolehan suara Partai Demokrat pada Pemilu 2019 pun diperkirakan karena ketua umum Partai Demokrat ini tidak turun ke lapangan mengingat sedang mengurus dan merawat sang istri tadi.

Tapi kini SBY mulai aktif lagi terjun ke dunia politik, dan langkah pertama yang diambilnya mengumpulkan semua ketua DPP Partai Demokrat di tempat kediamannya di Cikeas pagi tadi (11/7/2019).

Sebelumnya Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan SBY mulai aktif lagi berpolitik setelah tahlilan 40 hari Ani Yudhoyono, tapi sebatas lingkup internal saja. 

“Seperti yang selalu saya sampaikan, teman-teman, selama masa 40 hari ini Partai Demokrat, tentu Pak SBY, saya mendampingi, memang tidak berbicara politik. Kami bicara tentang hal-hal mengenai keluarga dan Ibu Ani. Pertanyaannya, besok bagaimana, saya sampaikan teman-teman besok Pak SBY sudah mulai bisa berdiskusi dengan kami internal,” kata Hinca Panjaitan di sini.

SBY mulai aktif lagi berpolitik masih sebatas lingkup internal saja, tapi kecil kemungkinan akan selamanya seperti itu. Bukan rahasia lagi kalau SBY sedang dan sudah mempersiapkan AHY untuk menempati posisi tinggi di bidang politik, dan tidak ada salahnya kalau SBY menginginkan AHY mengikuti jejaknya sebagai presiden.

Jika tidak bisa langsung menjadi presiden, atau mesti lewat jalur wakil presiden terlebih dahulu pun diperkirakan SBY tidak keberatan atau bukan sebuah persoalan besar.

Tak heran jika ada yang berspekulasi pada Pilpres 2024 nanti akan terbentuk pasangan capres Puan Maharani – AHY, dan baru pada Pilpres 2029 putra SBY ini akan maju sebagai capres dengan dukungan PDIP.

Tapi untuk sekarang ini posisi menteri di Kabinet Jokowi yang akan datang dapat memuluskan langkah-langkah AHY di atas tadi. Maka dari itu diperlukan kepiawaian politik seorang SBY agar anaknya bisa menjadi menteri, dan Jokowi pun bisa kelabakan menghadapi manuver-manuver politik SBY yang top markotop dan mantap pisan.

Akhirnya Jokowi pun mau tak mau atau terpaksa menerima AHY sebagai salah satu menterinya pada pemerintahan baru nanti.

Benarkah jika SBY mulai aktif lagi berpolitik dan tidak hanya sebatas lingkup internal saja, manuver-manuver politiknya bisa membuat Jokowi kelabakan?

Kemungkinan itu bisa saja terjadi, tapi sebaiknya jangan terlalu lebay jadi orang.

sumber gambar: detik.com.

Category: NawacitaTags:
No Response

Leave a reply "SBY Mulai Aktif Lagi Berpolitik, Jokowi Bisa Kelabakan?"