Ribuan Gerbang Torii di Gunung Inari yang Unik

0 357
Gerbang torii
Gerbang torii

Gonjreng.com – Ribuan gerbang Torii berwarna merah di Fushimi Inari, Kyoto, memang telah menarik hati saya sejak melihat foto di sebuah majalah wisata. Deretan gerbang yang berwarna merah terlihat cantik dan unik. Gerbang seperti ini memang biasa di kuil Shinto, namun di Fushimi Inari jumlahnya sangat banyak. Gerbang tersebut berjejer dari kaki hingga puncak gunung Inari. Maka Fushimi Inari menjadi tujuan wajib saya ke Kyoto.

Gerbang Rombon dengan patung rubah putih

Fushimi Inari adalah kuil untuk dewa Sanbashira, dewa pertanian. Berdoa di kuil ini dipercaya mendatangkan panen yang melimpah, keberhasilan di perdagangan dan kebahagiaan keluarga. Dibangun pada tahun 711 dan merupakan pusat bagi 30.000 kuil Inari. Kuil utama yang berdiri saat ini dibangun pada tahun 1499, setelah bangunan sebelumnya terbakar saat perang Onin – perang yang terjadi saat pemerintahan Shogun ke 8 Ashikaga Yoshimasa pada tahun 1467-1477.

Sebuah gerbang Torii yang sangat besar menyambut pengunjung  kuil ini. Sebelum memasuki bangunan utama kita akan menemui gerbang Romon. Bangunan ini dipersembahkan oleh Toyotomi Hideyoshi pada tahun 1589, setelah ibundanya sembuh dari sakit. Di depan gerbang Romon terdapat patung rubah putih (kitsune) yang dipercaya merupakan utusan dewa Sanbashira. Doa dan persembahan dilakukan di bangunan utama yang disebut Honden.

Namun daya tarik utama kuil ini terdapat di halaman belakangnya. Ribuan gerbang kayu berwarna merah berjejer rapat hingga menyerupai terowongan panjang. Barisan gerbang Torii ini bernama Senbon Torii yang artinya terowongan 1000 Torii. Namun jumlah Torii diperkirakan lebih dari 1000, mencapai 10.000. Dimulai dari kaki gunung hingga ke puncaknya. Pecinta hiking pasti akan menyukai perjalanan ke atas. Jangan khawatir, telah ada tangga yang ramah tingginya. Juga ada penjual minuman dan makanan dibeberapa tempat. Puncak bisa dicapai dalam waktu 2-3 jam.

Doa yang dituliskan pada papan berbentuk kepala rubah

Semua gerbang Torii ini merupakan sumbangan dari perseorangan maupun perusahaan. Di setiap gerbang tertulis nama donatur dan tanggal dibuatnya. Ingin menyumbang ? Siapkan 400.000 Yen untuk gerbang Torii kecil hingga satu juta Yen untuk gerbang besar. Ya, ukuran gerbang Torii tidak sama. Di awal terdapat dua baris gerbang Torii paralel yang berukuran kecil. Di satu titik kedua baris gerbang tersebut bertemu lalu diikuti oleh barisan gerbang Torii yang ukurannya lebih besar. Jadi ada beberapa baris gerbang yang ukurannya berbeda.

Setelah melalui deretan gerbang Torii pertama , kita akan tiba di Okushahouhaisho. Tempat di mana orang dapat menuliskan doa atau permintaan pada dewa dengan menuliskannya pada papan kecil berbentuk kepala rubah. Papan permohonan itu kemudian digantungkan pada semacam bangunan khusus. Bila terus mendaki hingga puncak, kita dapat menyaksikan pemandangan kota Kyoto yang cantik. Bila berniat mendaki hingga puncak disarankan datang pada pagi hari atau sore hari. Wisata ke tempat ini terasa istimewa.

* Dari berbagai sumber. Ilustrasi adalah koleksi pribadi.

Category: KelanaTags:
No Response

Leave a reply "Ribuan Gerbang Torii di Gunung Inari yang Unik"