Rencana Anies Ini Cukup Brilian dan Mantap!

Gonjreng.com – Rencana Anies ini sebenarnya sederhana saja, tapi cukup brilian dan layak mendapat pujian di tengah badai virus corona yang sedang melanda dan menyerang Indonesia, termasuk Jakarta.

Berdasarkan DATA COVID-19 yang ditayangkan kompas.com, per 31 Maret 2020 pukul 16.22 WIB, tercatat 1522 korban virus corona, di antaranya 136 meninggal dunia, dan 81 orang dinyatakan sembuh. 

Dari 1522 korban tadi hampir setengahnya di Jakarta, yaitu sebanyak 747 korban.

sumber gambar: kompas.com.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merasa prihatin dengan jumlah korban yang menimpa warganya. Ia pun kembali meminta dan mengimbau agar warga Jakarta tinggal rumah, menjaga jarak, atau biasa disebut dengan social distancing (physical distancing).

Saat ini jumlah penduduk DKI Jakarta sekitar 9,6 juta, tentu bukan jumlah yang sedikit. Mengingat korban akibat pandemi virus corona (Covid-19) semakin hari semakin bertambah di Indonesia, termasuk Jakarta, diperkirakan puncaknya pada Mei 2020 nanti, Anies berusaha melindungi warganya dengan mengajukan kepada pemerintah agar diizinkan untuk melakukan karantina wilayah. Surat pun sudah dikirim per tanggal 28 /3/20.

Tapi rencana Anies tadi ditolak dengan alasan Jokowi telah mengeluarkan keputusan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) disertai penerapan darurat sipil pada 30 Maret 2020.

Sila baca juga: Permintaan Anies Ditolak, Apa Alasannya?

Meskipun demikian, masih ada rencana Anies lainnya demi melindungi warga Jakarta dari serangan virus corona (Covid-19), sekaligus menunjukkan Gubernur DKI Jakarta itu tidak gagap.

Kalau pemimpinnya gagap atau tidak tahu bagaimana caranya menangani pandemi virus corona, lamban, lelet, ragu, bahkan terkesan panik, masyarakat yang susah dan menderita nantinya.

Seperti sudah dikatakan di atas tadi rencana Anies ini sebenarnya sederhana saja, yaitu membagikan masker secara gratis kepada warga Jakarta untuk mencegah penyebaran virus corona. 

Masker saat ini langka, jika pun ada harganya mahal atau tinggi sekali.

“Kami ingin masyarakat lebih banyak menggunakan masker. Sedang kami siapkan semuanya, begitu semuanya siap kami distribusikan,” kata Anies seperti dikutip dari kompas.com

Sederhana saja langkah atau rencana Anies ini, tapi boleh dibilang sebuah langkah yang cukup brilian dan layak mendapat pujian. 

***

Sumber gambar: merdeka.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *