Puncak Gunung Prau, Puncak Seribu Bukit

0 913
Puncak Gunung Prau
Puncak Gunung Prau

Puncak Gunung Prau, Puncak Seribu Bukit

Gonjreng.com – Gunung Prahu atau Prau terletak pada tapal batas Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal dan Kabupaten Wonosobo, di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah, dengan ketinggian 2.565 mdpl, tapi faktanya ketinggian tertinggi 2.590 mdpl.

Puncak Gunung Prau merupakan padang rumput yang luas dengan bukit-bukit, sabana dan beberapa pohon dengan ketinggian rendah. Maka dari itu, puncak Gunung Prau pun disebut puncak seribu bukit. Menuju Puncak Prau

Di Kawasan ini, puncak Gunung Prau adalah puncak tertinggi yang dikelilingi beberapa puncak yang lebih rendah seperti Gunung Sipandu, Gunung Juranggrawah dan Gunung Pangamun-amun.

Untuk mencapai puncak Gunung Prau dapat melalui 6 jalur, yaitu Patak Banteng, Kali Lembu, Dieng Wetan, Dieng Kulon (Dwarawati), Campurrejo dan jalur Wates.

Jalur Patak Banteng adalah favorit pendaki karena jalur terpendek dengan kondisi jalurnya yang aduhai. Tanjakan dengan elevasi antara 45⁰ – 60⁰, tangga tanah yang pasti sangat licin jika tersiram hujan, dan ada juga tangga alami dari jalinan akar pohon.

Ujian ke Puncak Prau

Jika berencana ke sini, jangan lupa bawa jaket tebal karena hembusan angin dan udara dingin menusuk tulang. Namun tak perlu khawatir untuk penginapan dan makan karena cukup banyak rumah singgah di sana, dan porter pun siap membantu dengan imbalan yang tidak memberatkan.

Menuju pos 1 melalui Patak Banteng, pendaki juga dimanjakan dengan adanya ojek motor dengan ongkos sebesar Rp 15.000,-. Penduduk sekitar sangat ramah, warung-warung bertebaran menyediakan mi instan, nasi dengan lauk sederhana juga minuman panas. Untuk kebutuhan pribadi pun mudah didapat di sekitar desa Patak Banteng.

Setiap puncak gunung memiliki pesona dan sensasi berbeda sambil menikmati tiap langkah, melihat Keagungan-Nya yang membuat lebih mawas diri, memerangi ego dan membuang kesombongan. Percaya atau tidak, banyak pendaki saat mencapai puncak lupa memerhatikan sekitarnya. Mereka memandang gunung-gunung jauh disana, tapi lupa jika pemandangan yang ada di bawah kakinya pun memesona. Salah satu puncak yang menyajikan keindahan itu adalah puncak Gunung Prau.

Puncak Gunung Prau

Puncak Gunung Prau

Di sekitar puncak Gunung Prau terdapat hamparan bunga daisy yang cantik, mungil. Bunga ini bentuknya seperti bunga matahari dalam ukuran  kecil, dan beraneka warna. Ada ungu, putih, pink dan kuning yang cantik sekali.

Tidak hanya di puncak, di sepanjang perjalanan menuju puncak pun terlihat banyak grumbul bunga daisy yang indah mempesona. Jadi kalau berkunjung ke puncak seribu bukit jangan lupa pandang dan nikmati keindahan bunga daisy yang mungil ini.

Foto dan ilustrasi : Laksmi D Haryanto, pribadi dan wikimedia.

Category: KelanaTags:
No Response

Leave a reply "Puncak Gunung Prau, Puncak Seribu Bukit"