Pilih Obat Herbal atau Obat Kimia demi Kesehatan?

Obat Herbal 3

Gonjreng.com – Dumolid bukan obat herbal, tapi obat kimia dan sempat menjadi berita hangat terkait kasus yang melibatkan Tora Sudiro dan istrinya Mieke Amalia. Meski bukan jenis narkotika, obat ini masuk ke dalam kategori psikotropika golongan IV.

Sebenarnya dumolid hanyalah sebuah merk dagang bagi nitrazepam untuk mengatasi gangguan tidur, kepanikan dan kecemasan (ansietas) berat, namun di sisi lain dapat merugikan dan meracuni penggunanya, meski lebih bersifat perorangan.

Nitrazepam termasuk obat golongan benzodiazepine yang membutuhkan resep dokter, karena dapat menyebabkan kecanduan, namun dengan berkembangnya teknologi gawai (gadget) dan maraknya toko daring (on line), obat ini pun jadi mudah didapat.

Dilema bagi pengguna obat berjangka panjang adalah membeli obat dengan resep dokter ke apotek tapi harganya tinggi, sementara pergi ke toko obat memiliki resiko obatnya palsu atau kadaluarsa jika tidak teliti.

Semakin banyak obat kimia yang dijual bebas semakin banyak pula pemalsuan. Akibatnya tidak sedikit pengguna obat kimia beralih ke obat herbal atau tradisional. Sayangnya oleh beberapa oknum, obat herbal ini kerap ditambahkan zat yang tidak dapat dipertanggungjawabkan sehingga berubah menjadi racun.

Obat Herbal 2

Di daerah Glodok, Jakarta Pusat, tepatnya di sepanjang jalan Pancoran mudah dijumpai deretan toko-toko obat herbal, dan juga menyediakan obat-obat hasil buatan pabrik, serta mayoritas pelanggannya adalah etnis China.

Toko obat di sini pun menyediakan seorang tabib atau ahli pengobatan yang sering disebut sinse. Mereka yang akan mendeteksi pengobatan yang cocok untuk para pasien dengan peralatan kuno, yaitu menggunakan kertas merang sebagai bungkus, kemudian ada lantunan doa, maka pasien pun merasa optimis bisa sembuh.

Obat Herbal 4

Mengkonsumsi obat kimia atau obat herbal adalah pilihan, tapi menjalani cara hidup sehat adalah keharusan. Sebaiknya hindari diri ini mengkonsumsi obat-obatan, entah itu obat kimia atau obat herbal tadi.

Manfaatkan dan hirup oksigen sebanyak mungkin, atau lakukan Forest Bathing dan Trees Bathing yang Membuat Hidup Ini Bahagia.

Minum air putih minimal 8 gelas/hari, lakukan olahraga secara rutin dan bersyukur atas anugerahNya, juga menjauhkan diri dari kebencian atau iri hati, serta menyambung tali pertemanan adalah cara jitu untuk awet muda, sehat dan panjang umur.

Ilustrasi : Pribadi

Category: PelangiTags:
No Response

Leave a reply "Pilih Obat Herbal atau Obat Kimia demi Kesehatan?"