Pensiun itu Sesuatu yang Menakutkan?

0 350
Pensiun itu Sesuatu yang Menakutkan?
Pensiun itu Sesuatu yang Menakutkan?

Gonjreng.com – Pensiun itu bagi sebagian orang bermakna kebebasan, untuk sebagian lagi merupakan ketakutan besar, namun pada umumnya merupakan awal kehidupan baru. Semua adalah pilihan. Dan  semua itu tergantung pada konsep kita tentang pensiun.

Pertanyaannya adalah, sudah siapkah kita pensiun? Benarkah kita bisa bebas merdeka? Atau, malah hidup kita akan selalu kekurangan? Supaya tidak salah langkah dan menyesal dikemudian hari, maka waspadai beberapa miskonsepsi atau anggapan salah tentang pensiun:

1. Pensiun adalah liburan panjang tanpa batas

Punya banyak waktu luang sepertinya menyenangkan. Kita bisa melakukan apa pun dan kapan pun sesuka kita. Tapi kenyataannya, terlalu banyak waktu luang justru dapat membuat kita merasa tidak berguna dan depresi. Sebuah studi ilmiah mengatakan, orang yang masih bekerja di usia lebih dari 65 tahun dapat cenderung lebih bahagia dibandingkan mereka yang menganggur. Biasanya, pekerjaan yang membuatnya bahagia adalah yang bersifat sukarela dan paruh waktu.

2. Uang adalah hal yang paling penting saat pensiun

Kunci kebahagian di masa pensiun itu sesungguhnya adalah kesehatan, bukan uang. Dengan badan yang sehat, kita dapat melakukan kegiatan apa pun dengan suka cita. Sebaliknya, uang hanya akan mendatangkan kebahagiaan hingga titik tertentu. Bahkan, Anda masih bisa menikmati kehidupan bahagia dan lengkap tanpa harus menjadi jutawan.

3. Pengeluaran menjadi konsisten ketika pensiun

Biasanya pengeluaran akan berkurang pada masa pensiun, tetapi untuk beberapa kasus, tidak demikian. Sebagian orang mengeluarkan banyak uang di awal masa pensiun itu karena traveling dan berkurang seiring berjalannya waktu. Sebaliknya pengeluaran untuk health care bertambah sangat signifikan. Namun sayangnya tidak banyak orang yang menyadarinya dan menyiapkannya sejak awal.

4. Pensiun adalah milik mereka yang “berpasangan”

Perlu dipahami jika Anda dan pasangan Anda juga memiliki kebutuhan masing-masing dan waktu untuk diri sendiri (alone time). Bahkan perempuan pada umumnya memiliki life expectancy yang lebih tinggi dari laki-laki. Enam puluh persen perempuan Amerika di atas usia 65 tahun adalah single, entah karena suaminya sudah meninggal atau bercerai.

5. Perencanaan finansial berhenti di saat kita pensiun

Bagaimana pun juga setelah pensiun, Anda tentu masih perlu mengeluarkan uang untuk tempat tinggal, kebutuhan sehari-hari dan perawatan kesehatan. Itulah sebabnya Anda harus tetap merencanakan investasi atau saving agar uang Anda dapat bertahan selama Anda hidup.

Pada dasarnya, hal yang terpenting dari pensiun bukanlah dari mana Anda pensiun, tetapi lebih pada apa tujuan Anda pensiun. Hanya karena telah sampai pada usia tertentu, bukan berarti Anda harus berhenti bekerja. Dan meski berhenti bekerja, bukan berarti Anda harus berhenti merencanakan hidup. Jadi, rencanakan dan nikmatilah hidup Anda. Itu yang terpenting.

* Tri Oetami. Narasumber: Aldi The Coach. Sumber foto: pixabay.com.

Category: HakikatTags:
No Response

Leave a reply "Pensiun itu Sesuatu yang Menakutkan?"