ORI (Obligasi Ritel Indonesia) yang Menggiurkan

0 554
ORI
ORI

Gonjreng.com – Beberapa tahun belakangan ini ada satu bentuk investasi yang ditawarkan oleh pemerintah Indonesia bekerjasama dengan bank-bank serta perusahaan sekuritas di Indonesia. Investasi tersebut adalah ORI (Obligasi Ritel Indonesia).

ORI berupa surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia untuk investor ritel dan dijual kepada masyarakat Indonesia dengan jaminan hukum dan aturan keuntungan yang sudah diatur oleh pemerintah sehingga ORI menjadi incaran investor karena bentuk investasinya yang paling aman, yaitu surat pengakuan utang (Obligasi) yang berisi janji pemerintah atas pembayaran imbalan berupa bunga atau disebut kupon pada periode tertentu serta melunasi pokok utang pada waktu yang telah ditentukan.

Pada tahun 2016, pemerintah menerbitkan ORI pertama dengan nomer seri 001, di mana penerbitan Obligasi Negara Indonesia tersebut diperebutkan sehingga pemerintah Indonesia pun membatasi pembelian saat ORI seri 008 ditawarkan. Pemerintah Indonesia membatasi pembelian minimal 5 juta rupiah dan maksimal sebesar 3 milyar rupiah bagi setiap pembelian.

Penerbitan Obligasi merupakan salah satu cara untuk melakukan penggalangan dana dari masyarakat melalui pasar modal. Karena ORI adalah surat Obligasi utang, maka pada periode pinjaman atau tanggal jatuh tempo, penerbit obligasi berkewajiban mengembalikan seluruh utang kepada investor. Sementara untuk imbalan (kupon) biasanya dibayarkan secara berkala dan dalam jumlah tetap sepanjang periode pinjaman berlangsung.

Oleh sebab itu, Obligasi sering disebut instrumen investasi yang aman karena memberikan pendapatan tetap bagi para investor melalui imbalan bulanan dalam bentuk kupon. Inilah yang disebut pendapatan rutin (fix income).

Keuntungan yang diharapkan oleh para investor adalah sebuah peluang untuk mendapatkan pengembalian yang lebih tinggi dari deposito, dan rasa aman dari kemungkinan kerugian investasi akibat kesalahan memilih obligasi.

ORI adalah salah satu instrumen investasi aman yang tidak memiliki resiko kerugian. Oleh sebab itu peluncurannya selalu diburu sehingga dalam hitungan hari Obligasi tersebut sudah habis diborong oleh Investor Indonesia.

Perlu diketahui juga, bahwa ORI hanya bisa dibeli oleh penduduk Indonesia, karena pemerintah tidak memberikan kepada pihak asing untuk turut menikmati investasi menggiurkan ini.

Bagi anda yang berminat untuk investasi di Obligasi, sebaiknya carilah Obligasi yang aman seperti ORI yang jelas-jelas diterbitkan oleh pemerintah Indonesia, atau jika memilih Obligasi swasta, sebaiknya pilih yang sudah memiliki reputasi baik selama menerbitkan surat utang dengan memberi imbalan di atas bunga deposito.

Sumber gambar : pixabay.com.

Category: PelangiTags:
No Response

Leave a reply "ORI (Obligasi Ritel Indonesia) yang Menggiurkan"