Negara Dua Benua yang Indah dan Menarik Itu Bernama Turki

Negara Dua Benua
Negara Dua Benua

Gonjreng.com – Turki, negara dua benua seluas 783.562 km2 yang membentang dari Balkan Eropa ke Asia memiliki banyak hal yang menarik untuk dilihat. Sekitar 97% dari negara dua benua ini terletak di Asia yang pada jaman dahulu dikenal sebagai Anatolia.

Berada di dua benua, yaitu Eropa dan Asia, Turki menjadi daerah yang sangat penting bagi perdagangan maupun politik. Kekaisaran besar baik dari Eropa maupun Asia silih berganti menguasai Anatolia. Pada awal jaman perunggu Anatolia berada di bawah kekuasaan Mesopotamia kuno yang terletak di negara Irak. Bangkitnya Yunani di abad 12 SM menggeser dominasi Mesopotamia sampai abad 6 SM saat Kekaisaran Persia di bawah Raja Darius I menguasai Anatolia.

Munculnya Imperium Romawi Kuno di abad 2 SM menggeser kekuasaan Persia, kemudian pada abad ke 4 M, Kaisar Konstantin melepaskan diri dari Kekaisaran Romawi dan membentuk Kekaisaran Romawi Timur atau Byzantium dengan Konstantinopel sebagai ibukotanya (sekarang dikenal sebagai Istambul). Bersamaan dengan itu agama kristen pun dijadikan agama resmi. Pada abad ke 11 Kekaisaran Seljuk yang beragama Islam menguasai Byzantium, dan abad ke 14 Bani Ustmani mengambil alih pemerintahan dari Seljuk sampai Turki mendeklarasikan diri menjadi Republik pada tahun 1923.

Perjalanan panjang sejarah negara 2 benua Turki ini meninggalkan banyak sisa-sisa peradaban yang memiliki nilai seni dan budaya tinggi. Keindahan Turki dimulai sejak kita menjejakkan kaki di Istambul. Istana Topkapi dan Istana Dolmabache di tepi Selat Bosphorus pun terlihat indah dan menarik.

Di Istana Topkapi kita dapat melihat benda bersejarah seperti pedang dan jubah Rasulullah. Museum Hagia Sofia -awalnya adalah gereja orthodox, kemudian diubah menjadi mesjid, dan akhirnya menjadi museum – juga tak kalah indahnya. Bangunan lainnya yang terkenal adalah Blue Mosque dengan keramiknya yang berwarna biru indah.

Dari Istambul perjalanan bisa dilanjutkan dengan menyusuri pantai Laut Marmara dan Laut Aegean melewati kota-kota Canakalle, Izmir dan Kusadashi. Di sini terdapat situs-situs kuno peninggalan Yunani. Masih ingat legenda Yunani tentang Perang Troya dengan kuda kayunya? Di Canakalle anda dapat mengunjungi situs legenda terkenal ini.
Di sekitar Izmir – kota tua abad 2 SM – ada situs kota Ephesus yang masih meninggalkan sisa bangunan perpustakaan dan juga theater raksasa. Selain itu pun ada komplek medis untuk penyembuhan berbagai macam penyakit, dalam bahasa Yunani disebutnya Asklepieion.

Turki, negara dua benua ini juga memiliki wisata  alam yang cantik seperti sumber air panas yang melewati lapisan kapur berjenjang berwarna putih bersih. Lebih ke Timur lagi keindahan Cappadocia dengan bukit batuan vulkanik berkontur indah dapat dinikmati pada pagi hari dari balon udara terbang di atas hamparan batuan vulkanik.

Mengunjungi Turki menghadirkan kilas balik perjalanan bangsa-bangsa besar yang pernah hadir dan berjaya di masa lalu.

*Sumber gambar: koleksi pribadi.

Category: KelanaTags:
No Response

Leave a reply "Negara Dua Benua yang Indah dan Menarik Itu Bernama Turki"