Mengerikan Jakarta Lockdown Itu, Bagaimana Solusinya?

Gonjreng.com – Mengerikan Jakarta lockdown itu, menurut seorang peneliti ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (Indef).

Prediksinya Indonesia bisa terkena krisis ekonomi jika dilakukan Jakarta lockdown, penguncian diri, atau Jakarta diisolasi. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memandang perlu dilakukan Jakarta Lockdown, tapi semuanya tergantung Badan Nasional Penanggulangan Bencana sebagai pihak yang bertanggungjawab terhadap serangan virus corona yang mengguncang dunia, termasuk Indonesia.

Sila baca juga: Jakarta Lockdown, Apakah Perlu Dilakukan?

Seorang Anggota DPR RI pun setuju dilakukan Jakarta lockdown. 

“Saya mendorong Pemprov DKI Jakarta untuk segera melakukan lockdown. Isolasi satu Jakarta. Dengan penyebaran yang sudah sampai di seluruh wilayah Jakarta ini,” kata Anggota DPR RI Ahmad Sahroni. 

Alasannya antara lain Jakarta adalah wilayah yang mengalami korban serangan virus corona terbanyak dibanding wilayah atau daerah lainnya.

Serangan virus corona atau covid-19 yang berawal dari Wuhan, Cina ini telah merepotkan beberapa negara di dunia, contohnya Cina, Korea, Jepang, Italia, Filipina, dan juga Amerika Serikat.

Baru-baru ini Presiden Amerika Serikat Donald Trump melakukan uji medis virus corona setelah berfoto bersama Direktur Komunikasi Presiden Brasil, Fabio Wajngarten yang dinyatakan positif terjangkit virus maut itu – Donald Trump Negatif, Bagaimana dengan Jokowi? -.

Tapi sekali lagi, mengerikan Jakarta lockdown itu.

Sekitar 70% pergerakan uang dalam perkonomian nasional ada di Jakarta sehingga beresiko tinggi apabila seluruh aktivitas perekonomian di ibu kota lumpuh karena dilakukan lockdown.

Jakarta mengandalkan pasokan pangan dari luar daerah yang akan terhambat, artinya arus barang yang masuk ke Jakarta akan terganggu dengan sendirinya.

Makanya mengerikan Jakarta Lockdown atau Jakarta diisolasi itu.

Jakarta ikut menyumbang 20% angka inflasi nasional. Jika terjadi kenaikan harga karena barang langka, maka angka inflasi nasional bisa mencapai hingga 6%, kata Bhima Yudhistira, seorang peneliti ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (Indef) di sini.

Mengerikan Jakarta lackdown itu, lalu bagaimana solusinya?

Mudah saja, jangan lakukan hal itu, kalau memang benar mengerikan.

Gitu aja kok bingung.

***

Sumber gambar: detik.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *