Martabak Unik yang Harganya Mahal, tapi Tetap Digemari

Martabak Unik
Martabak Unik

Gonjreng.com – Martabak unik coklat-kacang-ovomalt sampai saat ini masih tetap digemari. Bagian sisi yang kering, kemriuk dan legit adalah bagian yang menjadi rebutan. Renyahnya kacang tanah sangrai, coklat meleleh yang menyelimutinya, harumnya bau mentega, serta lembutnya adonan yang berlubang-lubang laksana surga yang memanjakan lidah. Jemari yang penuh dengan lelehan mentega dan coklat merupakan kenikmatan tersendiri untuk dijilati. Oily memang, tapi begitu menggoda, nikmat dan wiihhh.. tiada tara.

Dari sekian banyak martabak yang sering terdengar adalah martabak Bangka yang dikenal dengan nama Hok Lo Pan di Pulau Bangka sana, dan merupakan penganan asli Bangka Belitung. Penganan ini diciptakan oleh orang-orang Hakka (Khek) Bangka.

Hok Lo Pan terbuat dari adonan terigu, telur, gula dan ditaburi oleh coklat beras (mesis) serta kacang tanah sangrai tumbuk. Masyarakat awam mengenalnya dengan nama martabak manis.

Selain martabak manis, kita juga mengenal martabak telur yang terbuat dari tepung terigu sebagai bahan dasar kulitnya. Diisi dengan campuran kocokan telur, daun bawang, daging giling atau potongan ayam dan beberapa bumbu rahasia, kemudian digoreng hingga lapisan kulitnya kering dan renyah.

Nah.. kalau martabak telur ini konon berasal dari India yang dibawa oleh pedagang India yang bersahabat dengan pemuda Jawa. Saat ini kedua martabak tersebut kerap dijual secara berdampingan, mungkin karena namanya tadi, tapi apapun rasanya yang terpenting martabak sangat populer saat ini.

Para enterpreneur muda masa kini sangat kreatif,  dan mereka berlomba membuat inovasi baru, atau tidak ingin sama seperti yang ada di pasaran selama ini. Martabak yang bentuknya unik pun dibuat, dan juga harganya terbilang mahal, tapi tetap digemari dan laris manis. Harga ratusan ribu atau hanya 3 ribuan rupiah pun semua diserbu. Salah satu putra Presiden Jokowi pun terjun di bisnis ini.

Beberapa martabak unik yang layak dicoba kisaran harga Rp. 80.000 – Rp 150.000,- tapi itupun tergantung dari isi atau toping yang diinginkan. Martabak Gokil di Bellagio Beatique mall, gokil banget. Nggak cuma isi Nutella atau Ovomaltine, tapi lebih istimewa lagi, yaitu The Sweet 16 atau martabak dengan 16 jenis topping.

Mantep banget kan? Ada lagi Martabak Black Pool. Warna hitam di adonan martabak manisnya didapat dari hasil racikan blackforest. Hmmm…kebayang dong enaknya makan martabak rasa blackforest? Lain lagi Martabakku Menteng, mereka mengisi gelato pada martabaknya. Sedangkan Martabak Dunia yang ada di Lebak Bulus memiliki Martabak Italy yang bikin impianmu jadi kenyataan, yaitu martabak rasa pizza!

Pantesan belakangan ini banyak banget yang nyari-nyari martabak unik ini. Bagi mereka yang mengaku maniak martabak, sudah pernah nyoba belum? Let’s try…

*Sumber gambar: youtube.com.

Category: PelangiTags:
No Response

Leave a reply "Martabak Unik yang Harganya Mahal, tapi Tetap Digemari"