Luhut Bekerja dengan Hati, Makanya Dibela

Gonjreng.com – Luhut bekerja dengan hati, tapi jangan diterjemahkan secara harfiah.

Hanya kiasan saja Luhut bekerja dengan hati tadi, dan sepertinya tidak perlu dijelaskan lebih lanjut apa maksudnya.

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan merupakan menteri yang cukup sering menjadi pusat perhatian dibanding menteri-menteri Jokowi lainnya.

Media yang mengutip pernyataan Luhut yang dianggap kontroversial menjadi salah satu penyebab menteri Jokowi yang satu ini cukup sering menjadi perhatian publik.

Sebut saja antara lain pernyataannya bahwa virus corona (Covid-19) tidak tahan cuaca panas Indonesia.

Perselisihan antara Luhut dan Said Didu, mantan Sekretaris Kementerian BUMN pun sempat menghangatkan media, dan kabarnya pihak Luhut akan menuntut secara hukum atas pernyataan Said Didu pada sebuah video di Youtube beberapa waktu lalu yang dianggap telah merugikan atau mencemarkan nama baik Menko Kemaritiman dan Investasi itu.

Luhut pun diberitakan beberapa kali berseberangan dengan kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Tapi sekali lagi Luhut bekerja dengan hati, menurut mantan politikus Partai Demokrat, Ruhut Sitompul yang bisa dilihat dari cuitan di akun Twitter-nya hari ini (18/4/20).

Karena Luhut bekerja dengan hati, makanya dibela oleh Ruhut Sitompul.

Baru-baru ini Luhut Binsar Panjaitan sebagai Plt Menteri Perhubungan mengeluarkan kebijakan untuk tidak menghentikan operasional Kereta Rel Listrik (KRL) dengan alasan penumpang KRL mayoritas adalah pekerja, termasuk mereka yang bekerja di fasilitas kesehatan, dan akan memengaruhi dalam penangangan pandemi virus corona (Covid-19) jika operasional KRL tadi dihentikan.

Namun kebijakan ini sifatnya hanya sementara saja, sampai bantuan sosial (bansos) dari pemerintah sudah diterima oleh rakyat, dan juga diberlakukan pembatas waktu operasional serta pengendalian penumpang KRL.

Kembali ada pernyataan Luhut bekerja dengan hati dari Ruhut Sitompul menanggapi kebijakan di atas tadi.

Kesimpulan sederhana dari topik Luhut bekerja dengan hati, makanya dibela oleh Ruhut Sitompul, antara lain seperti ini:

Pertama, saat ini virus corona sedang menyerang Indonesia dan sudah cukup banyak korban berjatuhan. Selain itu pemerintah akan mengeluarkan dana yang besar guna menghadapi pandemi Covid-19.

Kedua, mengingat poin pertama di atas tadi, dan juga dana yang dikeluarkan pemerintah adalah uang rakyat, wajar saja apabila ada menteri yang bekerja dengan hati, tulus dan ikhlas, bukan hanya Luhut Binsar Panjaitan, tapi siapapun menterinya harus dibela atau didukung agar hasil kerjanya bisa maksimal.

Ketiga, Luhut dan menteri-menteri lainnya, termasuk Jokowi atasan mereka sendiri adalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan. Maka dari itu, pembelaan yang dilakukan sebaiknya jangan membabi buta, gelap mata, fanatik, atau semacam itu yang bisa membuat pikiran ini tidak bekerja dengan baik, proporsional, rasional, dst.

Merdeka!

***
Sumber berita dan gambar: Kompas.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *