Kendalikan Stress dengan Metode Terapi Binaural Beats

Binaural Beats
Binaural Beats

Gonjreng.com – Binaural beats bisa mencerdaskan? Selain binaural beats ada juga monaural beats. Mereka adalah metode terapi gelombang otak menggunakan nada murni untuk merangsang otak. Saat ini binaural beats sedang trend dikalangan eksekutif muda yang dituntut memiliki performa tinggi dan tingkat stress yang rendah.

Monaural beats lebih mudah didengarkan dibanding binaural beats yang harus melalui headphone.

Dari frekuensi yang berbeda-beda akan menghasilkan kombinasi dua suara (binaural beats). Perbedaan frekuensi inilah yang akan terdeteksi oleh otak, kemudian mengubah pola pemikiran berdasarkan frekuensi tadi.

Dengan mendengarkan paduan musik dan binaural beats melalui headphone, stress dapat dikendalikan dengan baik. Beats ini dapat diatur ke dalam gelombang Alpha yang membuat perasaan menjadi relaks dan bermanfaat bagi orang yang mudah cemas atau panik. Sedangkan bila diatur ke gelombang Theta akan memicu ke kondisi relaksasi yang lebih dalam, dan stress pun akan hilang saat kelelahan menerpa.

Kombinasi gelombang Alpha, Theta, dan Delta yang dihasilkan dari gelombang otak dapat meningkatkan produksi hormon pertumbuhan. Pelepasan hormon ini mencegah timbulnya penyakit degeneratif dan penuaan. Hormon inilah yang membantu untuk meregenerasi sel-sel manusia sehingga kinerja otak akan menjadi lebih optimal sekaligus kita pun bisa lebih sehat dan awet muda.

Binaural beats diyakini dapat meningkatkan kapasitas otak, seperti perluasan memori dan fungsi pembelajaran. Penggunaan frekuensi gelombang otak yang dipengaruhi oleh gelombang Beta dan Gamma dapat mengubah kapasitas mental dan konsentrasi seseorang menjadi lebih tinggi.

Selain frekuensi Beta dan Gamma tadi, frekuensi Alpha dan Theta juga memiliki efek positif dalam meningkatkan memori, dan mampu menyerap informasi lima kali lebih banyak.

Bagi para pecandu narkoba, terapi gelombang otak ini dapat memberi dukungan untuk pemulihannya. Gelombang yang dihasilkan terbukti mampu menjaga pecandu tadi pulih dari kambuhannya. Gelombang ini pun dapat mengurangi kecemasan atau depresi, sehingga dapat lebih mengontrol diri.

Efek yang sering kali ditimbulkan saat awal pemakaian adalah perasaan mual, pusing, dan pegal. Namun lambat laun akan berangsur hilang. Boleh dibilang tidak ada efek sampingnya.

Penggunaan binaural beats dapat mengubah hidup seseorang, karena pola pikir berubah menjadi lebih positif, hidup lebih relaks sehingga pencapaian pun akan lebih optimal. Pola pikir dan perilaku positif akan membuat kita menjadi orang yang selalu bahagia dan optimis.

*Sumber gambar: flickr.com.

Category: HakikatTags:
No Response

Leave a reply "Kendalikan Stress dengan Metode Terapi Binaural Beats"