Jokowi Diam-diam dan Rizal Ramli Bertanya

Gonjreng.com – Jokowi diam-diam, kata seorang analis politik.

Entah ngetop atau tidak analis atau pengamat politik yang mengatakan Jokowi diam-diam tadi, tapi hal ini tidak terlalu penting, sebab seseorang itu bukan dinilai dari status, jabatan, pangkat, atau predikat yang disandangnya.

Bukan siapa yang mengatakan, tapi apa yang dikatakannya.

Bukan siapa yang menulis, tapi apa yang ditulisnya.

Hal ini antara lain untuk menghindari pengultusan individu yang bisa membuat sesat pikir dan kehilangan arah, kata orang bijak yang kepalanya pitak.

Analis politik itu mengatakan Jokowi diam-diam mengikuti sebagian saran Rizal Ramli dalam mengatasi dampak virus corona terhadap perekonomian Indonesia. 

Rizal Ramli pernah menjadi menteri pada kabinet Gus Dur, dan juga Jokowi. Ia sering diserang buzzer-buzzer pendukung penguasa karena mengkritik dan mengecam kebijakan pemerintah dan dijuluki “menteri pecatan”, tapi dengan santai Rizal Ramli lewat akun Twitter-nya pernah mengatakan dirinya sempat tiga kali diminta Jokowi untuk menjadi menteri sebelum ia memutuskan untuk menerima tawaran Jokowi tadi.

Entah benar atau tidak pernyataannya itu, hanya dia dan Jokowi serta beberapa orang saja yang tahu.

Pada acara “Indonesia Lawyers Club” (17/3/20), ekonom senior Rizal Ramli menyarankan pemerintah melakukan realokasi APBN 2020 agar dampak virus corona (Covid-19) terhadap perekonomian Indonesia bisa diminimalisir. 

“Stop proyek-proyek infrastruktur besar 2020. Harus berani, jangan gengsi. Alokasikan anggaran hanya untuk sektor kesehatan, makanan dan daya beli rakyat miskin,” kata Rizal Ramli di sini.

Menurut analis politik dari Indonesian Public Institute (IPI) Jerry Massie, Jokowi diam-diam sudah mulai bergerak mengikuti saran Rizal Ramli tadi.

“Bila benar ternyata Jokowi diam-diam (tanpa kasih kredit) nurut arahan Rizal Ramli yang notabene bukan bagian pemerintah, lalu selama ini para menteri ekonomi itu sebenarnya gunanya apa?” kata analis politik itu.

Sampai saat ini belum ada berita yang mengatakan memang benar Jokowi diam-diam mengikuti saran Rizal Ramli, apalagi pengakuan itu datang dari pihak pemerintah. Jika hal itu dilakukan, atau ada pernyataan terus terang mengakuinya, bukan diam-diam lagi dong…

Bagaimana tanggapan Rizal Ramli sendiri mengenai Jokowi diam-diam mengikuti sarannya? Ia pun bertanya, mosok sih?

Bisa disimak pada akun Twitter-nya ini.

Sebuah saran, masukan, atau nasihat yang bagus, entah dari manapun asalnya, tidak ada salahnya diikuti, baik diam-diam maupun terus terang demi kebaikan perekonomian nasional juga.

Saat ini kurs US dollar sudah di atas Rp 16.000, bahkan ada prediksi yang mengatakan bisa menyentuh Rp 17.000,- kalau ekonomi Indonesia tidak ditangani dengan baik dan benar.

Saran Rizal Ramli, atau saran siapapun kalau memang bagus, entah Jokowi diam-diam atau terus terang mengikutinya, bukan sebuah aib, biasa saja.

Rizal Ramli pun mengatakan asal untuk kebaikan semua.

***

Sumber gambar: okezone.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *