Jokowi dan Konstitusi serta Virus Corona

Gonjreng.com – Jokowi dan konstitusi dikaitkan dalam penanganan virus corona (Covid-19) yang saat ini sedang mengancam keselamatan rakyat Indonesia.

Per 23 Maret 2020 pukul 15.45 WIB jumlah korban virus corona di Indonesia tercatat sebanyak 686 orang, di antaranya 55 orang meninggal, 30 orang sembuh. 

Semakin hari samakin bertambah jumlah korban virus corona sejak Jokowi mengumumkan ada dua orang positif terjangkit virus itu pada 2/3/2020.

Dari 2 orang, dan kurang dalam sebulan melonjak menjadi 686 orang cukup drastis kenaikannya. Fadli Zon kembali mengingat Jokowi agar secepatnya menerapkan kebijakan lockdown agar nasib Indonesia tidak seperti Italia yang kini tercatat sebagai negara yang paling parah di dunia akibat serangan virus corona.

Namun Jokowi yang didukung Mahfud MD dan Luhut masih belum bersedia menerapkan kebijakan lockdown tadi.

Sila baca juga: Kebijakan Lockdown Jokowi dan Virus Corona.

Jokowi dan konstitusi dikaitkan dalam penanganan virus corona (Covid-19) oleh politikus PKS, Ahmad Fathul Bari.

Menurutnya, Jokowi berpotensi melanggar konstitusi jika tidak menjalankan aturan yang tertuang di Undang-undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan dalam penanggulangan penyebaran virus corona (Covid-19). 

“Jika UU (Kekarantinaan Kesehatan) tidak dijalankan, maka Presiden bisa berpotensi melanggar konstitusi,” kata politikus PKS tadi di sini

Ia pun mengatakan Presiden PKS Sohibul Iman pun sudah menyarankan Jokowi segera menerapkan kebijkan lockdown yang sudah tertuang dalam Pasal 1 angka 10 UU Kekarantinaan Kesehatan. 

Pro dan kontra atas kebijakan lockdown guna mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) masih saja berlangsung hingga saat ini. Entah sampai kapan akan berakhir serta rakyat tidak dibuat bingung atas perdebatan para tokoh masyarakat tadi.

Kini Jokowi dan konstitusi dikaitkan. Mungkin saja ada yang merasa khawatir, tapi setelah sadar sekitar 80% politikus di parlemen merupakan pendukung Jokowi, akhirnya tersenyum simpul.

Apakah setelah Jokowi dan konstitusi dikaitkan oleh politikus PKS tadi, ada lagi politikus lain yang mengangkat topik ini, entah itu esok, lusa, atau hari berikutnya?

Hmmm.

***

Sumber gambar: detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *