Himalaya, Pegunungan yang Indah dan Menakjubkan!

0 474

Gonjreng.com – Himalaya, pegunungan yang memiliki banyak kisah sedih dan menyenangkan dari para pendaki telah lama menarik perhatianku. Dan keinginan untuk melihatnya pun terwujud setelah aku menemukan teman-teman yang mempunyai keinginan sama.

Himalaya merupakan pegunungan dengan puncak-puncak spektakulernya yang tertutup salju abadi membentang dari barat, yaitu Pakistan ke timur melewati Pakistan, India, Nepal, Bhutan dan Cina. Kami memutuskan untuk menikmati keindahan Himalaya dari Nepal mengingat sepanjang bagian utara Nepal adalah pegunungan Himalaya.

Pegunungan Himalaya membentang sepanjang 2400 km dari barat ke timur serta memiliki puluhan puncak dengan ketinggian di atas 7000 meter dari permukaan laut. Yang luar biasa adalah 8 puncak dari 10 puncak tertinggi di dunia berada di pegunungan ini. Salah satunya Mount Everest (8.848 m) yang merupakan puncak tertinggi di dunia.

Kami memulai perjalanan dengan menjelajahi Kathmandu, ibukota Nepal. Menurut guide bila cuaca bagus dapat melihat pegunungan Himalaya dari kejauhan, tapi kami tidak terlalu berharap. Sebaliknya kami menghabiskan hari-hari di sini untuk menikmati  sejarah Nepal, juga tempat ibadah Hindu dan Buddha yang cantik bangunannya.

Boudhanath

Boudhanath di Senja Hari

Menyaksikan umat Buddha melakukan ritual agamanya, berdoa sambil mengelilingi stupa searah jarum jam di Boudhanath sore hari menjelang senja saat warna langit biru mulai dihiasi semburat jingga sungguh membawa perasaan damai yang luar biasa.

Setelah puas menikmati sejarah dan budaya Nepal, esoknya kami pun mulai menikmati keindahan pegunungan Himalaya. Kota Pokhara menjadi pilihan kami untuk menikmati keindahan pegunungan Himalaya di sisi barat.

Dari kota Pokhara kami dapat menikmati hamparan Annapurna Range yang berbalut salju dengan puncaknya yang tertinggi, Annapurna I, dan beberapa puncak yang lebih rendah, yaitu Annapurna II, Annapurna III dan Machapuchare yang terkenal dengan julukannya “fish tail” karena bentuknya seperti sirip ikan.

Tanpa mengejar sunrise rasanya perjalanan jadi kurang menarik dan mengasyikan. Maka esoknya, masih pagi buta kendaraan sudah membawa kami menuju Sarangkot di sisi utara Pokhara. Perlahan warna langit yang gelap berubah kemerahan, kemudian keluar semburat kuning, dan langit pun makin terang. Semakin tinggi matahari, sinarnya membuat puncak-puncak berbalut salju putih menjadi warna keemasan.

Kami pun memilih untuk trekking selama 2 jam menuju Australian Camp agar lebih dekat ke kaki pegunungan. Gurat-gurat kontur pegunungan Himalaya semakin jelas terlihat.

Indah sekali dan menakjubkan!

Keesokan paginya kami kembali menyaksikan sinar matahari membuat puncak-puncak pegunungan yang berwarna putih berubah menjadi keemasan. Karya luar biasa dari Sang Pencipta. Aku sangat bersyukur diberi kesempatan untuk melihat keindahan ini.

*Sumber gambar: dokumen pribadi.

Category: KelanaTags:
No Response

Leave a reply "Himalaya, Pegunungan yang Indah dan Menakjubkan!"