Heboh Cari Jodoh di Situs Tinder.com!

Gonjreng.com – Nama Tinder mencuat heboh belakangan ini karena berita pernikahan kilatnya presenter TV Rey Utami dengan suaminya, Pablo Putera Benua – yang hanya tujuh hari sejak berkenalan di situs ini. Tinder.com adalah situs dan aplikasi pencarian jodoh yang saat ini paling populer di dunia. Situs yang diluncurkan September 2012 di Amerika Serikat ini langsung meroket popularitasnya di berbagai negara. Saat ini jumlah penggunanya melejit menandingi sang raksasa Facebook. Ada 1,5 milyar pengguna yang melakukan swipe (cara perkenalan di Tinder), dan situs ini mengklaim telah berhasil mengikat 21 juta perjodohan.

Meski hampir setiap hari membuat headlines di berbagai media dunia, namun baru-baru ini saja situs ini menghebohkan Indonesia. Pasalnya tak hanya presenter TV Rey Utami memutuskan menikahi pria yang baru seminggu dikenalnya di Tinder, namun kisah tujuh hari itu sendiri begitu ‘cetar membahana’ bak cerita Cinderella modern.

Kronologis kehebohannya adalah sebagai berikut: (1) Hari pertama Rey dan Pablo berkenalan di Tinder, dan mereka langsung memutuskan bertemu muka, (2) Hari kedua Rey dihadiahi sebuah mobil Honda, (3) Hari ketiga Rey dihadiah sebuah jam tangan super mewah, (4) Hari keempat langsung dilamar, (5) Hari kelima bertemu dengan orang tua, (6) Hari keenam menyiapkan pernikahan, dan (7) Hari ketujuh mereka menikah.

Spektakuler! Meski bukan tak mungkin kecocokan dapat terjadi hanya dalam hitungan hari, namun menyiapkan pernikahan dalam satu hari adalah spektakuler! Belum lagi kisah banjir hadiah mewahnya. Bagi orang-orang Asia yang pada umumnya pencinta material, kisah seperti ini tentu sangat juicy dan nyam-nyam!

Tiba-tiba saja situs ini makin melejit. Demam Tinder yang melesat seperti komet, di Australia diungkapkan seperti ini, “Tinder – swiping in the name of love. Para jomblo bisa mencek ‘nilai pasaran’ mereka, tetapi untuk masalah cinta, belum tentu.”

Sebenarnya apakah Tinder itu? Meski digembar-gemborkan sebagai situs pencarian jodoh, banyak yang beranggapan sebuah situs untuk flirting, atau merayu, sebuah taktik sederhana untuk mendapatkan teman-teman baru. Kekuatan Tinder adalah mudah, cepat, dan menyenangkan karena sifatnya seperti main-main. Namun, jangan terlalu berharap dengan mudah mendapatkan jodoh impian!

Bagaimana cara ‘bermain’ di Tinder? User hanya melakukan swiping (sentuh geser) sebuah profil user lainnya. Swiping ke kanan artinya, “Saya suka!” Dan, swiping ke kiri berarti, “Tidak.” Sebuah match (kesesuaian) terjadi jika sebuah pasangan sama-sama melakukan swiping ke kanan, satu sama lainnya. Biasanya pasangan yang matching, akan segera menjadwalkan kopi darat atau bertemu muka. Meski targetnya adalah para jomblo berusia 28 hingga 35 tahun, namun siapa pun hingga berusia 99 tahun, berhak bergabung. Aplikasi ini sangat popular karena selain mudah penggunaannya, juga tersedia di berbagai platform seperti Android, dan iPhone. Pengguna Facebook pun bisa langsung menggunakan Tinder.

* Laksmi D. Haryanto, dari berbagai sumber. Sumber foto: flickr.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *