Hari Kemerdekaan Tahun Ini Lebih Meriah dan Semangat!

Hari Kemerdekaan
Hari Kemerdekaan

Gonjreng.com – Beberapa saat menjelang hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72, tanggal 17 Agustus 2017 ini, di media sosial ramai beredar fatwa MUI yang ternyata hoax, yang melarang umat Islam melakukan upacara bendera, menghormati sang saka merah putih, dan mengikuti berbagai acara untuk menyambut ulang tahun negara tercinta ini.

Namun usaha kaum radikal untuk mengecilkan arti dari hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan juga kebangsaan ini segera dilawan dengan sengit oleh para penyinta nasionalisme, bahkan oleh MUI sendiri.

Merayakan hari Kemerdekaan adalah bentuk penghargaan pada para pahlawan yang telah berjuang untuk memerdekakan negeri ini dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas lindungan-Nya.

Lantas, apakah semangat merayakan hari Kemerdekaan tahun ini menjadi melempem karena serangan hoax dari kaum ekstremis tadi? Tentu saja tidak! Nasib bangsa ini ditentukan dan ada di tangan rakyat Indonesia secara keseluruhan, bukan kaum ekstremis yang tidak jelas pikirannya itu. Presiden Jokowi pun menekankan betapa penting arti dan kedudukan rakyat sehingga kepercayaan rakyat harus tetap dijaga.

Berikut ini petikan pidato Presiden Jokowi yang disampaikannya pada Sidang Tahunan MPR 2017 di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2017) dalam rangka hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72.

Namun, dari sekian banyak tantangan itu, tantangan yang paling penting dan seharusnya menjadi prioritas bersama dari semua lembaga negara adalah mendapatkan kepercayaan yang tinggi dari rakyat. Kepercayaan rakyat adalah jiwa dan sekaligus energi bagi lembaga-lembaga negara dalam menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing.

Saya mengajak kita semua, seluruh lembaga negara untuk menjadikan rakyat sebagai poros jiwa kita. Saya mengajak kita semua untuk selalu mendengar amanat penderitaan rakyat. Saya mengajak kita semua untuk bergandengan tangan, bekerjasama, kerja bersama untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 yang jatuh hari ini pun disambut gembira oleh seluruh rakyat Indonesia. Berbagai hiasan, umbul-umbul, bendera merah putih dan perlombaan-perlombaan diadakan untuk menyambut hari yang bahagia ini seperti terlihat pada foto-foto di bawah ini dari hasil penelusuran Tim Gonjreng ke kampung-kampung yang ada di sekitar Jatiwaringin, Bekasi, Jawa Barat.

Balita dengan pipi cemong tak ketinggalan merayakan ulang tahun kemerdekaan RI ke 72. Masih didorong dalam kereta bayi dengan sticker merah putih di pipinya.

Hari Kemerdekaan

Beberapa balita lainnya pun ikut berpawai keliling kampung di Bekasi. Seorang ibu mengajak anaknya meramaikan pawai merah putih merayakan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72.

Hari Kemerdekaan

Berbeda dari tahun-tahun lalu, kini di kampung-kampung digencarkan dekorasi merah putih berupa umbul-umbul, bendera, atau hiasan-hiasan kertas untuk menumbuhkan semangat menghargai hari kemerdekaan negeri ini.

Hari Kemerdekaan

Baju tak berwarna merah-putih? Tak jadi soal! Stickers bendera merah putih bisa ditempel di pipi.

Hari Kemerdekaan

Anak-anak TK berbaris rapi sambil menyanyikan lagu-lagu wajib….

Hari Kemerdekaan

Keceriaan perempuan tua-muda dalam warna-warni merah putih…

Hari Kemerdekaan

Pawai merah-putih selalu diikuti dengan menyanyikan lagu-lagu wajib yang memompa semangat!

Hari Kemerdekaan

Dan bendera merah putih pun berkibaran di kampung-kampung…

Hari Kemerdekaan

Menyusuri jalan-jalan di kampung sambil menyanyikan, “Maju tak gentar, membela yang benar”.

Hari Kemerdekaan

Tahun ini berbeda dengan tahun lalu karena para warga merayakan 17 Agustus dengan lebih antusias.

Hari Kemerdekaan

Acara 17 Agustus tak hanya mempererat silaturahmi, namun juga memupuk rasa nasionalisme.

Hari Kemerdekaan

Dirgahayu Republik Indonesia…MERDEKA!

Sekali merdeka tetap merdeka.

Sumber gambar: koleksi pribadi.

 

Category: NawacitaTags: