Hantu-Hantu Gentayangan di Tower of London

0 281
Tower of London
Tower of London

Gonjreng.com – Tower of London yang terletak di tepi sungai Thames, dibangun pada tahun 1078 oleh William the Conquerer, sebagai benteng pertahanan dan istana. Dalam perjalanan sejarahnya, Tower of London kemudian digunakan sebagai gudang senjata, penyimpanan mahkota dan tongkat kerajaan, pabrik uang koin, hingga tempat pemeliharaan hewan milik kerajaan. Namun fungsi yang paling terkenal adalah sebagai penjara dan tempat penyiksaan para bangsawan serta musuh penguasa. Berbagai alat penyiksaan masih dipamerkan di Tower of Torture, atau Menara Penyiksaan.

Ratu Elizabeth I (sebelum menjadi ratu), Sir Walter Raleigh (penjelajah, sastrawan, dan politisi), Anne Boleyn (istri kedua raja Henry VIII), dan Lady Jane Grey – pernah dipenjara di Tower of London. Bangunan ini juga menjadi tempat pelaksanaan hukuman mati bagi banyak tahanan politik, terutama pada saat pemerintahan raja Henry VIII – termasuk istri keduanya, Anne Boleyn. Sebagian besar hukuman mati dilakukan di Tower Hill dan ditonton oleh banyak orang. Namun untuk Anne Boleyn dan beberapa bangsawan, eksekusi dilakukan tertutup di dekat Chapel St Peter ad Vincula.

Kisah-kisah mengerikan ini membuat banyak cerita hantu bergentayangan di Tower of London. Dan, di antara yang sering diberitakan adalah penampakan Anne Boleyn. Anne yang dihukum mati atas tuduhan berselingkuh dan melakukan incest, hantunya sering terlihat berjalan dari tempat pelaksanaan hukuman matinya menuju Chapel St Peter ad Vincula, tempat dia dimakamkan dalam keadaan tanpa kepala.

Yang juga sering terlihat adalah hantu dua anak kecil di Bloody Tower (salah satu bangunan di Tower of London) dengan mengenakan pakaian tidur, dan saling berpegangan tangan dengan ekspresi ketakutan. Keduanya dipercaya sebagai Edward V dan saudara lelakinya, Richard, yang dipenjarakan oleh pamannya Richard III setelah kematian ayahnya, Raja Edward IV, pada April 1483. Setelah Raja Edward IV wafat, kedua anaknya sempat dinyatakan hilang. Baru pada tahun 1674 dua kerangka anak kecil ditemukan terkubur di bawah tangga. Gema tawa anak kecil di lorong tower, sampai kini masih sering terdengar. Hantu-hantu yang sering terlihat antara lain Raja Henry VI, Lady Margareth dela Pole, Lady Arabella Stuart, bahkan hantu seekor beruang.

Para penjaga Tower of London yang disebut yeoman atau beef-eater, masih mengenakan seragam unik jaman dulu, dan memandu para pengunjung. Mereka dijuluki beef-eater karena di abad 17 mereka mendapat pembagian daging dalam porsi besar setiap hari. Julukan ini masih terus melekat.

Selama seribu tahun Tower Of London jadi saksi bisu sejarah kerajaan Inggris yang penuh intrik. Kini walau hanya buka siang hari, namun kelebat Henry VI atau Lady Arabella Stuart di lorong-lorong tower, kadang masih bisa terlihat.

* Darmayani Utami. Sumber: the-line-up.com, wikipedia. Sumber foto : wikimedia.org.

Category: KelanaTags:
No Response

Leave a reply "Hantu-Hantu Gentayangan di Tower of London"