Glamping, Camping Kekinian yang Mewah dan Nyaman

Glamping
Glamping

Gonjreng.com – Berkemah marak lagi sekarang. Polusi, kebisingan, dan udara panas, adalah alasan tepat untuk camping. Trend camping menjadi kendala buat mereka yang belum terbiasa dengan alam dan biasa dimanjakan. Bagi sebagian orang, menyiapkan perlengkapan dan kebutuhan untuk tinggal di alam terbuka sangat repot dan menguras energi. Ketidaktahuan dan kekhawatiran para amatiran inilah kemudian membuka peluang bagi para “camping experts”  dalam menyediakan jasa konsultasi dan pengelolaannya. Namun yang ngetren saat ini bukan lagi camping biasa, namun glamorous camping (glamping), camping kekinian yang mewah dan nyaman.

Glamping menjadi gaya hidup berwisata baru bagi masyarakat modern yang menghadirkan suasana camping yang menyatu dengan alam, tapi menawarkan kenyamanan layaknya hotel berbintang. Glamping menjadi wisata alternatif yang terus berkembang, baik untuk individu maupun kelompok. Wilayah Indonesia yang memiliki banyak pegunungan memesona, dan banyaknya orang yang membutuhkan udara segar, membuat glamping makin populer.

Jika sensasi alam yang dicari dengan layanan super-duper nyaman, glamping adalah pilihan paling tepat. Standardnya adalah fasilitas tenda yang anti bocor, dan tempat tidur yang empuk nan hangat, lengkap dengan selimutnya. Untuk memenuhi hajat alam, pengelola menyediakan fasilitas mandi-cuci-kakus (MCK) yang bersih dan harum, lengkap dengan shower-nya. Sedangkan untuk memenuhi tuntutan perut, tersedia chef yang siap menerima order, atau dapur lengkap bagi yang ingin menikmati akrabnya memasak bersama.

Untuk hiburan, glamping sering menyediakan fasilitas permainan yang memicu adrenalin. Flying fox, canoe dan arung jeram adalah sebagian acara paling diminati, selain birdwatching, hiking atau bahkan rock climbing. Ada juga wisata air terjun yang mengesankan dan menjadi acara yang sangat digemari anak-anak dan para ibu.

Berminat mencoba glamping? Ada 7 tempat yang bisa diperhitungkan :

  1. Jeeva Veloom Beach Camp – Lombok
  2. Dusun Bambu Family Leasure Park – Kaki Gunung Burangrang, Jawa Barat
  3. Ciwidey Valley Resort – Ciwidey, Bandung Selatan
  4. Legok Kondang – Ciwidey, Bandung Selatan
  5. Tanakita – Taman Nasional Gede Pangrango, Jawa Barat
  6. Sandat Glamping Tents – Bali
  7. Baliwoso Camp – Utara Denpasar, Bali

Perbedaan berkemah konventional dan glamping adalah:

(1) Tenda, di fasilitas glamping, tenda sudah berdiri dengan gagah di tempat yang nyaman. Bahkan tenda dapat digantikan dengan tree houses, caravan atau bangunan yang didesain apik dan unik.

(2) Fasilitas lengkap. Listrik, TV, wi-fi, jaringan internet sangat mudah diakses. Water heater, AC bahkan TV cable pun ada.

(3) Supplies, makanan lezat olahan koki handal dapat dinikmati dengan mudah, tidak seperti di kemah tradisonal yang merepotkan.

(4) Kegiatan, di perkemahan mewah, segala kegiatan sudah diatur dan terjadwal dengan baik, sehingga acara camping jadi tidak membosankan.

Nah, periksalah kebutuhan dan dana Anda yang tersedia. Kita harus menjadikan berkemah sebagai momen indah yang tak terlupakan.

* Witdya Pudjanarko, dari beberapa sumber. Sumber gambar: maxpixel.freegreatpicture.com.

Category: KelanaTags:
One Response
  1. author

    Chaerul2 years ago

    Terimakasih informasinya, nyaman kali ya kalau dicoba

    Reply

Leave a reply "Glamping, Camping Kekinian yang Mewah dan Nyaman"