Galena, Kota Cantik Penarik Turis di Illinois

0 120
Galena
Galena

Gonjreng.com – “Rapatku sampai sore, Sayang. Selamat menikmati harimu! Jangan lupa jemput aku jam empat sore ya!”

Setelah memberi perintah itu, suami saya segera menghilang di balik gedung. Saya ditinggal sendirian dan bingung. Namun pagi itu sangat cantik. Suami saya sedang menghadiri sebuah konferensi akademik di Dubuque – sebuah kota kecil di Iowa, Amerika Serikat – dan saya bertugas sebagai supirnya. Karena kota itu terletak di tepi Mississippi, saya segera menyusuri tepian sungai. Namun setelah beberapa menit, saya mulai bosan. Tak ada apa-apa di sana. Imajinasi saya saja yang membayangkan Huckleberry Finn dan Tom Sawyer berpetualang di sana. Finn dan Sawyer adalah dua karakter populer ciptaan penulis terkenal Mark Twain. Di masa kecil, saya kerap membayangkan bagaimana mereka berlari-larian di tepi Mississippi.

Bosan menyusuri sungai, saya mengendarai mobil menuju Timur. Mengambil arah acak dan menyetir tanpa tujuan di padang-padang pertanian, ternyata sangat menyenangkan. Langit biru jernih dan pohon-pohon masih telanjang. Tiba-tiba perbatasan Iowa dan Illinois terlewati, lalu saya masuk ke sebuah kota kecil yang cantik bernama Galena.

Kota Galena yang ukurannya sangat kecil ini ternyata menarik. Saya merasa seperti berada di kota cowboys masa lalu. Jejeran bangunan antiknya terbuat dari bata merah kuno yang indah. Saya memarkir mobil, lalu menyusuri jalan-jalan kecil yang rapi. Di kiri-kanannya bertebaran rumah-rumah bergaya Victoria dan Colonial! Seperti dikelilingi rumah-rumah boneka cantik!

galena1Tanpa terasa saya menghabiskan berjam-jam menyusuri kota Galena sambil memotreti sudut-sudut yang menarik. Sekali-sekali saya duduk beristirahat, memandangi turis-turis berlalu-lalang. Ternyata kota mungil ini, yang populasinya tak sampai 3500 jiwa, mampu menarik jutaan turis lokal dan mancanegara setiap tahunnya! Mengagumkan!

Tiba-tiba… bum! Terdengar suara meriam yang keras mengejutkan. Di atas jembatan, saya lihat banyak orang berkumpul menghadap lembah hijau. Ternyata lembah itu sedang dijadikan arena ‘peperangan’.  Seperti yang digambarkan di film-film sejarah, ada tenda-tenda di tepi sungai, ada juga serdadu-serdadu yang saling menembak, dan ada perempuan-perempuan berpakaian abad pertengahan berkeliaran. Oh. Rupanya mereka sedang menyelenggarakan pertunjukan rekonstruksi perang saudara Amerika untuk menarik para turis!

Perang Saudara (1861-1865) itu adalah pertempuran antara United States of America atau Union, melawan negara-negara Selatan atau Confederate yang dipimpin Jefferson Davis. Di bawah pimpinan Abraham Lincoln, pasukan Union berhasil memenangkan perang dan mengakhiri perbudakan. Perang terdahsyat dalam sejarah Amerika itu telah membunuh 600 jiwa dan melibatkan 3 juta tentara. Saya berpikir, “Alangkah mahalnya harga sebuah kebebasan.”

Kemudian saya berjalan ke sebuah taman, duduk mendengarkan kicauan burung-burung. Sepasang kakek-nenek tua berpakaian abad pertengahan mendekat. Kami saling bertukar senyum dan mengobrol. Entah mengapa, orang-orang di kota ini begitu ramah.

* Laksmi D. Haryanto. Sumber foto: flickr.com dan koleksi pribadi.

Category: KelanaTags:
No Response

Leave a reply "Galena, Kota Cantik Penarik Turis di Illinois"