Forest Bathing
Forest Bathing

Gonjreng.com – Forest bathing, atau mandi hutan adalah cara menghilangkan penat, letih dan stress dengan berjalan menyusuri hutan secara perlahan dan menghirup udara bersih serta merasakan kesejukkan, juga ketenangan hutan.

Bagi  Jepang, Korea dan Eropa yang masih memiliki banyak hutan di sekitar perkotaannya tidak terlalu menjadi masalah, tapi bagaimana dengan kota-kota megapolitan yang hanya dihuni oleh gedung-gedung pencakar langit dan antrian panjang kendaraan yang berpacu mengejar waktu?

Shinrin-yoku adalah sebutan forest bathing di Jepang, sedangkan di Korea  populer dengan nama sanlimyok. Pada dasarnya mandi hutan adalah memanfaatkan waktu luang atau istirahat di lokasi yang banyak ditumbuhi oleh pepohonan dan memiliki udara segar. Tidak harus selalu di hutan, karena seperti Jakarta mencari hutan itu jauh, butuh kendaraan dan persiapan biaya yang tidak sedikit. Lebih baik cari taman kota saja yang memiliki kerimbunan pepohonan. Coba datangi Taman Bibit di Tebet-Jakarta Selatan, Taman Surapati Jakarta Pusat, Taman Ayodya Kebayoran-Jakarta Selatan, atau Kebun Binatang Ragunan Jakarta Selatan.

Di kota besar, forest bathing sepertinya sulit. Maka dari itu, kita canangkan saja trees bathing. Jadi kita bisa melakukannya di halaman rumah kita sendiri dengan cara menanam pepohonan rindang di halaman rumah. Ajak juga tetangga untuk menanam pohon di halaman rumah mereka. Bagaimana kalau rumahnya tak memiliki halaman? Kita bisa mengunjungi taman-taman kota terdekat yang bermanfaat untuk diri kita, juga orang lain.

Forest bathing maupun trees bathing memiliki kekuatan penyembuhan secara alami karena udara yang dihirup hasil fotosintesis pepohonan yang mengandung oksigen cukup tinggi. Dengan demikian kesehatan pun akan meningkat.

Selanjutnya dengan berjalan perlahan dan menikmati kesegaran serta keindahan taman atau hutan tadi dapat menghilangkan stress, peredaran darah menjadi lancar, menaikkan stamina serta kebugaran. Menghilangkan ketegangan setelah bekerja di kantor dengan mandi hutan dan mandi pepohonan berdampak positif bagi diri kita.

Berdasarkan sebuah studi di Jepang tahun 2007, menghirup udara hutan tidak hanya menyegarkan, pun terhirup minyak esensial dari kayu (phytoncides) yang tersebar di udara. Senyawa ini diyakini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bahkan dapat mencegah kanker karena meningkatkan aktivitas NK (Natural Killer Cell) manusia atau sel-sel dalam tubuh yang bisa melawan tumor.

Mandi hutan atau sekedar bersantai di hutan  atau hanya di bawah kerimbunan pepohonan merupakan cara yang murah untuk menyeimbangkan kehidupan (life balance) para pekerja profesional, pensiunan yang jenuh di rumah.

Seimbang fisik dan mental, juga memperbaiki suasana hati merupakan kesimbangan yang menjadikan hidup kita bahagia. Maka dari itu, manfaatkanlah kerimbunan pepohonan di sekitar kita.

*Sumber gambar: maxpixel.freegreatpicture.com.

Sila Komentar

Sila Tinggalkan Komentar Anda
Masukkan Nama Anda di Sini

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.