Suka Flora dan Fauna, Ke Lapangan Banteng Yuk!

Gonjreng.comTring! Tiba-tiba muncul pesan seorang teman di salah satu group WhatsApp-ku. “Halo, aku lihat spanduk pameran Flora dan Fauna di Lapangan Banteng.” Segera kulingkari kalenderku karena aku memang berniat mengunjungi pameran itu untuk melengkapi koleksi tanaman aromatikku.

Flora dan Fauna
Flora dan Fauna

Saat aku dan temanku akhirnya pergi ke pameran Flora dan Fauna 2016 di Lapangan Banteng, keadaannya sepi. Apakah masyarakat Indonesia tidak lagi tertarik pada flora dan fauna? Atau, mungkin karena hari itu adalah hari kerja? Saat itu pameran baru saja berlangsung 5 hari dari jangka waktu sebulan yang direncanakan.

Di pintu utama areal pameran kami disambut oleh hamparan flower bed berwarna-warni cerah. Mata kami segera berpesta dalam keindahannya. Supaya penjelajahan efisien, kami memutuskan untuk memulai dari sisi kiri pintu utama, dan kemudian berjalan melingkari areal sampai kembali ke pintu utama.

Flora dan Fauna
Flora dan Fauna

Tahun ini sang penyelenggara, yaitu Pemprov DKI, hanya menyewakan areal pinggir saja untuk stand tanaman. Sementara bagian tengah digunakan sebagai areal exhibition berbagai kotamadya dan kabupaten yang berfungsi sebagai media promosi tentang daerah masing-masing. Di bawah keteduhan pohon-pohon besar, disediakan sebuah arena hiburan. Dari situ mengalunlah lagu-lagu berirama gambang kromong yang menemani para pengunjung pameran mengeksplorasi flora dan fauna yang dipamerkan.

Di salah satu stand kami berhenti agak lama karena tertarik dengan tanaman Tillandsia. Tanaman ini tidak memerlukan media. Mereka dapat bertahan hidup hanya dari air yang berasal dari udara di sekitarnya. Tanaman ini sangat tepat bagi Anda yang ingin memelihara tanaman tapi tidak punya waktu untuk merawatnya. Cukup digantung di tempat yang kita inginkan dan disemprot nutrisi seminggu sekali saja, tanaman ini sudah bias bertahan hidup.

Selain Tillandsia, Adenium atau yang dikenal dengan “kamboja Jepang” dan Cycas merupakan pilihan lain untuk memperindah taman dan rumah Anda yang super sibuk. Aneka bonsai Adenium dengan berbagai ukuran pun tersedia di sini.

Flora dan Fauna
Flora dan Fauna

Setelah beberapa saat berjalan akhirnya aku menemukan stand yang kucari, yaitu aneka tanaman aromatik. Indra, pemiliknya, dengan ramah memperlihatkan koleksinya. Magnolia, Cempaka dan Gardenia semua ada.  Dengan pemikiran “kesempatan tak akan datang dua kali” segera kupilih Gardenia dan Cempaka untuk melengkapi koleksiku.

Bagi pencinta tanaman buah, jangan lewati pameran Flora dan Fauna 2016 ini! Berbagai jenis bibit durian, pisang, lengkeng dataran rendah, rambutan, dan mangga tersedia semua. Karena asyiknya maka tak terasa sudah tiga setengah jam kami habiskan di pameran ini. Perut kami pun mulai terasa lapar. Udara sejuk di bawah keteduhan pohon besar, sebotol air putih dingin, dan kerak telor khas Betawi  yang hangat mengakhiri kunjungan kami.

*Nina Adriani. Foto: koleksi pribadi.

2 thoughts on “Suka Flora dan Fauna, Ke Lapangan Banteng Yuk!

  • 21/08/2016 at 11:47 am
    Permalink

    Pameran FloNa ini berlangsung sampai kapan, Nin? Mohon info ya..
    Makasih..

    Reply
    • 22/08/2016 at 1:30 am
      Permalink

      Sampai 5 September 2016 Oet
      Kemarin sempet kesana lagi. Masih banyak koleksinya. Lebih baik hari kerja kesana. Selain parkir gampang juga tidak ramai, lebih nyaman memilih tanaman.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *