Cawapres Prabowo dan “Tersandera Secara Politik”?

Cawapres Prabowo

Gonjreng.com – Siapa cawapres Prabowo pada Pilpres 2019? Sampai saat ini seperti halnya cawapres Jokowi masih belum jelas.

Mandat yang diberikan oleh Partai Gerindra kepada Prabowo beberapa hari lalu dalam Rakornas Gerindra untuk maju sebagai capres pada Pilpres 2019, menimbulkan konflik kepentingan politik di antara parpol lainnya yang selama ini dekat dengan Gerindra.

Mungkin kurang tepat disebut konflik, tapi masih sebatas friksi kepentingan politik, yaitu berupa perebutan cawapres Prabowo pada Pilpres 2019 nanti.

PKS mengatakan cawapres Prabowo berasal atau disodorkan dari partainya sebagai salah satu syarat dukungan politik kepada Prabowo. Ada 9 nama yang disodorkan sebagai cawapres Prabowo dan belakangan nama Ahmad Heryawan lebih mengemuka.

Sementara PAN pun menyodorkan Zulkifli Hasan sebagai cawapres Prabowo.

PKS dan PAN diperkirakan akan menjadi bagian dari parpol yang bergabung dengan Partai Gerindra guna membentuk sebuah koalisi sekaligus memenuhi syarat Presidential Threshold.

Pada Pemilu 2014 lalu, perolehan suara ketiga parpol tadi sebagai berikut:

Partai Gerindra 11,81% (73 kursi)
PAN 7,59% (49 kursi)
PKS 6,79% (40 kursi)

Total perolehan suara adalah 26,19% (162 kursi).

Jelas Prabowo dan Partai Gerindra membutuhkan dukungan politik dari PAN dan PKS guna membentuk sebuah koalisi politik, jika ingin nama Prabowo terdaftar menjadi kandidat presiden pada Pilpres 2019.

Persoalan siapa Cawapres Prabowo ini pun membuat PKS akan melakukan pendeklarasian cawapres PKS di kawasan Sentul, Bogor pada 13 Mei 2018 seperti dituturkan oleh seorang kader PKS di sini.

Entah lucu atau tidak terkait deklarasi cawapres PKS ini, tapi menurut sebagian pihak, Prabowo secara langsung atau tidak langsung ingin “disandera secara politik” oleh PKS. Artinya Cawapres Prabowo harus dari PKS, atau tidak ada koalisi nantinya.

Tapi seperti biasa, para politikus Gerindra, PKS, dan PAN secara garis besarnya mengatakan politik itu dinamis, politik itu berkembang, politik itu cair, atau masih ada pembicaraan lebih lanjut karena masalah cawapres Prabowo ini belum final.

Sumber gambar: youtube.com.

Video Prabowo dan PKS 

Artikel politik sebelumnya:

  1. Partai Tommy Soeharto akan Didukung Banyak Artis?
  2. Jokowi Dipasangkan dengan Anies Pasti Menang?
  3. Prabowo Telanjang Dada Dituding Cari Perhatian (Caper)
Category: NawacitaTags:
No Response

Leave a reply "Cawapres Prabowo dan “Tersandera Secara Politik”?"