Bukit Kasih yang Indah Menaungi Semua Agama

0 289
Bukit Kasih
Bukit Kasih

Gonjreng.com – Bukit Kasih adalah salah satu obyek wisata yang indah dan menarik di Sulawesi Utara. Mengapa? Karena di sekitar bukit itulah berbagai simbol agama dibangun dan ditegakkan sebagai tanda penghormatan dan persatuan bagi semua umat beragama.

Lokasi Bukit Kasih hanya sekitar 2 jam perjalanan dengan mengendarai mobil dari Kota Manado, ibu kota Sulawesi Utara. Setelah saya dan beberapa teman berkendara selama satu jam dari Manado, kami tiba di Tomohon. Dari kota ini jalan akan terpecah – jika belok ke kiri akan menuju ke Danau Tondano. Namun kami mengambil jalan lurus yang akan mengarahkan kami ke Bukit Kasih, sekitar satu jam kemudian.

ironwulf.netTernyata di tempat parkir mobilnya yang luas kami sudah bisa memandang Monumen Bukit Kasih yang unik. Untuk mendaki ke atas Bukit Kasih kami mengambil rute dari belakang monumen tersebut. Jalan pendakiannya berupa undakan-undakan tangga yang panjang, namun ketika sudah mendekati puncak bukit, tangga akan berganti menjadi jalan tanah biasa.

bukitkasih4Kami pun berjalan santai, sambil berfoto dan menikmati pemandangan. Di tengah perjalanan kami bertemu dengan pertigaan. Jika berbelok ke kanan, jalan akan menuju ke sebuah bukit yang di atasnya terdapat bangunan-bangunan berbagai agama yaitu Islam, Katolik, Protestan, Hindu dan Buddha. Konon asal muasal nama Bukit Kasih ini berasal dari moto orang Manado dan Sulawesi Utara pada umumnya, yaitu “Torang Samua Basudara” – yang artinya “kita semua bersaudara”.

bukitkasih2Dari pertigaan jalan tadi kami berjalan terus ke atas. Sekitar 30 menit kemudian kami tiba di Bukit Kasih yang di atasnya terbangun sebuah salib besar dan tinggi. Di bawah salib besar tersebut kami beristirahat dan menikmati suasana di sekitarnya.

Perjalananan mendaki Bukit Kasih cukup melelahkan, tapi hati ini terhibur melihat undak-undakan tangga yang kami lewati dengan pemandangan alam yang indah di sekitarnya. Sekilas jalan-jalan yang kami lewati tadi jika di lihat dari atas bukit seperti ”Tembok Cina” kecil yang meliuk-liuk.

bukitkasih3Juga pada saat turun dari tempat bangunan-bangunan ibadah tadi, kami mencium bau belerang, dan melihat asap putih mengepul ke udara. Ternyata di bawahnya kami melihat ada sumber air panas yang bersuhu tinggi. Di Jepang, sumber air panas seperti ini biasanya dimanfaatkan sebagai onsen, atau wisata pemandian.

Jadi, jika Anda kebetulan berada di Sulawesi Utara, sempatkanlah mengunjungi Bukit Kasih yang unik ini. Selain pemandangannya indah, Anda juga akan diingatkan bahwa pada dasarnya semua umat manusia, dalam agama apa pun, adalah bersaudara.

* Lohmenz Neinjelen. Sumber foto: Indonesia-tourism.com, ironwulf.net, dan koleksi pribadi.

Category: KelanaTags:
No Response

Leave a reply "Bukit Kasih yang Indah Menaungi Semua Agama"