Batu Mentas, River Tubing yang Menggenjot Adrenalin

0 814
Batu Mentas
Batu Mentas

Gonjreng.com – Sungai dan hutan adalah kesatuan alam yang selalu menarik untuk dieksplorasi. Belitung mempunyai sungai yang masih ‘perawan’ yang dapat dieksplorasi dengan menggunakan sarana river tubing yang akan menggenjot adrenalin. Sungai ini berada dalam konservasi wisata alam Batu Mentas yang terletak di Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, lebih kurang 30 kilometer dari pusat kota Tanjung Pandan. Batu Mentas sendiri berarti batu-batu yang dapat digunakan untuk melintas dari tepi sungai yang satu ke tepi sungai yang lain.

Batu Mentas

Batu Mentas

Lalu apakah river tubing itu? River tubing adalah cara mengarungi sungai dengan menggunakan ban bekas truk tanpa desain khusus atau yang didesain khusus untuk menghindari kebocoran. Tidak seperti rafting, kondisi sungai yang digunakan untuk tubing biasanya mempunyai arus kecil dan jeram yang tidak ekstrim.Apabila kita ingin menjelajahi sungai dan hutan Batu Mentas dengan tubing, ada tiga pilihan fase yang dapat dipilih:

  • Batu Mentas

    Batu Mentas

    Green, yaitu jalur yang biasa digunakan anak-anak kecil dengan tempo sejauh 500 (lima ratus) meter selama 30 menit

  • Red, yaitu jalur dengan tingkat kesulitan yang lebih rumit dengan jarak tempuh sekitar 2 (dua) kilometer dengan waktu tempuh 60 menit
  • Black, yaitu jalur dengan dengan jarak tempuh sejauh 4 (empat) kilometer dan waktu tempuh dua jam
Batu Mentas

Batu Mentas

Untuk mencapai starting point atau titik awal fase Red, peserta akan dibawa berjalan kaki menyusuri jalan setapak di hutan wisata selama kurang lebih 15 menit dengan membawa tubing atau ban. Starting point adalah tempat awal perjalanan di daerah sungai yang mempunyai arus cukup tenang dan tidak berbatu. Selama mengarungi sungai ini kita disuguhi pemandangan sungai yang sangat bersih serta bisa melihat ikan-ikan kecil yang berenang di dalam air.

Di sisi kiri dan kanan sungai tampak pemandangan hutan tropis yang masih asri dengan pepohonan yang menjulang, serta perdu yang menghijau dengan suara serangga yang beraneka rupa. Berbagai varietas kupu-kupu dapat dilihat dengan mata telanjang. Di tengah perjalanan, kita akan ditantang untuk terjun dari atas air terjun yang mempunyai ketinggian 3 (tiga) meter. Suatu pengalaman yang memicu adrenalin buat yang pertama kali melakukannya.

Batu Mentas

Batu Mentas

Menjelang akhir perjalanan menyusuri sungai terdapat sebuah lintasan yang agak ekstrim karena sempitnya area, derasnya arus, dan terjalnya batu. Apabila tidak berhati-hati tubuh bisa terlempar dari tubing dan terjerembab ke dalam air. Kegiatan river tubing berakhir di tempat konservasi alam yang memiliki sarana lintasan alam (outbound), rumah pohon, pusat penelitian hewan langka Tarsius (Pelilean, sebutan masyarakat Belitung), dan tempat peristirahatan serta tempat wisata lokal.

Jika Anda berada di Belitung, jangan lewatkan pengalaman menakjubkan ini.

*Mercylia Mochtar. Sumber ilustrasi: koleksi pribadi

Category: KelanaTags:
No Response

Leave a reply "Batu Mentas, River Tubing yang Menggenjot Adrenalin"